Olahraga Disaat Berpuasa? Why Not?

GENERAL, Malangpost.id – Berolahraga saat berpuasa mungkin terdengar sedikit ekstrim. Kebanyakan orang beranggapan bahwa pada saat berpuasa tubuh mengalami kekurangan asupan sehingga takut akan terjadi hal yang tidak diinginkan jika memaksakan diri untuk berolahraga.

Sebenarnya, berpuasa bukanlah sebuah halangan untuk berolahraga.

Berolahraga saat puasa dapat memberikan pengaruh yang lebih baik untuk kesehatan tubuh. Saat kita berpuasa, asupan karbohidrat di dalam tubuh lebih sedikit dari biasanya, sehingga tubuh membakar lemak agar kita tetap bisa beraktivitas.

Dengan berolahraga saat puasa, lemak dalam tubuh bisa terbakar lebih banyak dari biasanya.

Berolahraga saat puasa juga dapat memunculkan autofagi. Autofagi adalah proses alamiah tubuh dalam membasmi sel-sel rusak dan menggantinya dengan yang baru.

iklan-dinas-kominfo

Namun bukan berarti kamu bisa melakukan olahraga di waktu manapun saat berpuasa.

Untuk alasan kesehatan dan supaya badan tetap fit hingga waktu berbuka, ada beberapa waktu yang disarankan untuk berolahraga saat berpuasa. Sebelum sahur, setelah berbuka puasa, atau setelah shalat isya’.

Jika kamu ingin berolahraga sebelum sahur, minumlah air putih yang cukup selama setangah jam sebelum sahur, lalu berolahragalah seperti biasanya.

Jika kamu ingin berolahraga setelah berbuka puasa, sebisa mungkin menunggu makanan yang dikonsumsi saat buka puasa sudah tercerna dengan baik oleh tubuh. Atau bisa juga untuk tidak mengonsumsi makanan berat saat berbuka. 

Olahraga setelah waktu isya’ mungkin merupakan waktu yang paling tepat, karena apabila pada saat berbuka puasa kamu mengonsumsi makanan berat, makanan itu telah tercerna sempurna oleh tubuh.

Ini Jenis Olahraga Disaat Berpuasa Yang Aman Dilakukan

Selain waktu-waktu yang disarankan untuk berolahraga saat berpuasa, berikut juga ada beberapa olahraga ringan yang disarankan untuk dilakukan saat berpuasa:

1.    Jalan kaki

Olahraga Disaat Berpuasa

Jalan kaki merupakan olahraga yang sangat ringan. Bahkan, setiap haripun kita pasti berjalan. Beberapa manfaat jalan kaki di antaranya, menjaga kebugaran jantung serta paru-paru, menurunkan risiko jantung dan stroke, memperkuat tulang, mengurangi lemak tubuh, dan masih banyak lagi.

2.    Yoga

Olahraga Disaat Berpuasa

Yoga dapat dilakukan di rumah saja dengan melihat video melalui aplikasi Youtube atau sejenisnya. Kemudian kita bisa mengikuti instruktur yoga dalam video tersebut.

Kamu bisa memilih yoga Sukhsana, hingga Tadasana yang membutuhkan sedikit energi.

3.    Bersepeda

Olahraga Disaat Berpuasa

Dengan kita bersepeda selama 30 menit kita sudah bisa memperoleh beberapa

manfaat di antaranya, fleksibilitas otot kita bisa meningkat, meredakan stress, dan  meningkatkan kesehatan jantung.

Kamu juga bisa bersepeda sembari ngabuburit agar terasa lebih asyik dan rileks.

4.        Naik-turun tangga

Walaupun naik turun tangga terasa sepele. Naik turun tangga dapat membantu membakar kalori dalam tubuh, menambah kekuatan tubuh, bahkan meningkatkan kesehatan jantung dan ketahanan tubuh.

5.            Jogging

Jogging juga merupakan olahraga yang ringan yang dapat dilakukan selama puasa. Jogging bisa dilakukan di depan rumah, atau mengelilingi komplek lingkungan rumahmu. 

6. Sit up dan Push up

Sit up dan push up merupakan olahraga yang tidak membutuhkan tenaga yang begitu banyak. Kamu bisa menyesuaikan jumlah sit up dan push up sesuai dengan kemampuan dan energi yang kamu miliki.

Nah itu dia rekomendasi olahraga disaat berpuasa yang aman untuk dilakukan. jadi berpuasa bukan alasan untuk tidak tampil bugar dan fit bukan?

Selamat berolahraga!

Bagikan ke sosial media:

Recommended For You

Tsamara

About the Author: Tsamara salwa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Kunjungi Alamat Baru Kami

This will close in 0 seconds