Cara Terbaik Merawat Kelinci Agar Sehat Selalu

HOBBY, malangpost.id – Sebagian orang punya hobi memelihara hewan di rumah. Hewan peliharaan yang menggemaskan bisa memberikan manfaat untuk pemiliknya. Umumnya, hewan yang dijadikan peliharaan adalah kucing, anjing, burung, ikan, dan kelinci.

Kelinci merupakan salah satu hewan yang banyak dipelihara karena lucu dan menggemaskan. Namun, memelihara kelinci bisa dibilang tak mudah. Diperlukan kesungguhan dan pengetahuan dalam merawat hewan berbulu lembut ini agar selalu sehat dan berumur panjang. Berikut cara merawat kelinci dengan baik yang kami rangkum dari berbagai sumber.

1. Siapkan tempat yang nyaman

Langkah awal dalam merawat kelinci adalah menyiapkan tempat tinggal yang nyaman. Kebanyakan kandang kelinci ditempatkan di dalam ruangan karena hewan ini tidak bisa mentolerir suhu ekstrem.  Pastikan kelinci bisa bergerak dengan leluasa di dalam kandang. Anda juga bisa melapisi lantai dengan material seperti kardus, tumpukan rumput atau jerami.  Selain itu, beri kesempatan kelinci untuk keluar dari kandang untuk bermain.

2. Beri makanan secukupnya

Berikutnya yang perlu diperhatikan dalam memelihara kelinci adalah memperhatikan makanan yang diberikan. Dengan sistem pencernaan yang kompleks, penting bagi kelinci untuk mendapatkan makanan dan porsi yang tepat.

Anda bisa memberikan makanan berupa rumput jerami yang menyediakan serat. Selain itu, kelinci bisa diberikan makanan lain seperti sayuran berdaun hijau, buah-buahan seperti apel, pepaya, melon, anggur, dan pisang. Perhatikan untuk membuang biji buah agar tidak termakan oleh kelinci.

Hindari memberikan beberapa jenis makanan kepada kelinci yang bisa mengganggu pencernaannya. Seperti jagung, kentang, cokelat, biji-bijian, dan kacang-kacangan.

Baca juga: Ini Hewan Peliharaan Yang Mudah Merawatnya, Tips Bagi Pemula

3. Penuhi asupan air

Salah satu cara yang perlu diperhatikan dalam memelihara kelinci adalah memastikan asupan air. Anda harus memasikan kelinci memiliki persediaan air bersih yang cukup. Setidaknya ganti air yang disimpan dalam mangkuk atau botol sekali sehari.

4. Jaga kebersihan kandang

Selain menyiapkan kandang, Anda juga perlu menyiapkan kotak kotoran untuk kelinci membuang air kecil dan besar. Anda bisa menggunakan kotak kotoran kucing atau tempat penyimpanan dangkal di dekat mangkuk makanan atau air.

Untuk menghindari bakteri dari kotoran menumpuk, kandang kelinci perlu dibersihkan secara rutin setiap hari. Hal ini untuk mencegah bakteri dari kotoran masuk ke dalam tubuh kelinci.

5. Pelihara lebih dari satu kelinci

Kelinci adalah hewan sosial dan lebih bahagia jika tidak hidup sendirian. Karenanya, yang perlu diperhatikan dalam memelihara kelinci di rumah agar berumur panjang adalah dengan memberikannya teman.

6. Perhatikan kebersihan kelinci

Selain menjaga kandang, menjaga kebersihan tubuh kelinci tak kalah penting dalam merawatnya. Anda tak perlu memandikan kelinci kecuali benar-benar kotor dan ia tidak mampu membersihkan diri dengan baik.

Anda hanya perlu menyikat badan kelinci untuk membersihkan bulunya dengan sikat lembut setiap satu atau dua hari. Jika ada lebih dari satu kelinci dalam kandang, mereka akan saling bantu merawat diri.

Nah, itu tadi enam cara terbaik merawat kelinci agar sehat selalu. Anda juga perlu memberikan hewan peliharaan kasih sayang dan perawatan. Sehingga mereka akan selalu sehat, bahagia, dan panjang umur.

Bagikan ke sosial media:

Recommended For You

desi3

About the Author: desi3

Seorang 'bibiliophile' yang jatuh cinta dengan Himalaya dan fans berat warna biru.~ travel to fulfill your soul ~

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Kunjungi Alamat Baru Kami

This will close in 0 seconds