Jerawat di Alis? Tenang, Ini 5 Tips Mengatasinya!

TIPS dan TRIK, malangpost.id – Bicara tentang jerawat, sepertinya tidak akan ada habisnya. Timbulnya jerawat bisa dialami siapa saja, baik remaja hingga orang dewasa. Jerawat bisa muncul di mana saja, terutama di wajah. Bahkan, tak jarang jerawat bisa muncul di alis. Meskipun mungkin tidak terlihat, namun jerawat di alis bisa menimbulkan rasa tidak nyaman bahkan nyeri.

Lantas, apa penyebab jerawat yang muncul di alis? Dan bagaimana cara mengatasinya dengan efektif? Simak ulasannya dalam dengan membaca terus artikel ini.

Penyebab munculnya jerawat di alis

Jerawat umumnya muncul di sekitar wajah, seperti pipi, hidung, dagu, hingga alis. Berikut beberapa penyebab munculnya jerawat di alis.

Produksi minyak berlebih

Daerah T-zone atau dahi, hidung, dan dagu umumnya lebih berminyak dibandingkan dengan bagian wajah lain seperti pipi. Kandungan minyak yang lebih tinggi bisa meningkatkan kemungkinan pori-pori tersumbat dan berjerawat. Kelenjar minyak juga bisa menyumbat folikel rambut yang menimbulkan jerawat di alis.

Penggunaan kosmetik

Penggunaan produk kosmetik, terutama di area mata dan alis, kemungkinan mengandung bahan-bahan yang bisa menyumbat pori-pori. Contohnya penggunaan kuas make up atau gel alis berbasis minyak yang bisa membuat kotoran menumpuk di folikel rambut alis. Akibatnya, bakteri berkembang dan menyebabkan jerawat.

Rambut berponi

Memiliki rambut berponi bisa membuat penampilan terlihat lebih muda. Namun, tahukah kamu kalau rambut berponi bisa menjadi penyumbang munculnya jerawat di dahi dan juga di alis? Karenanya, perhatikan penggunakan produk perawatan rambut dan ada baiknya memilih yang berjenis non-comedogenic.

Mencabut Alis

Tentunya semua orang, khususnya wanita menginginkan bentuk alis yang sempurna. Tak jarang, banyak yang mencabut alis dengan cara mencukur, threading, penggunaan penjepit alis, hingga waxing.

Ternyata, tindakan mencabut alis dapat memicu munculnya jerawat di alis, loh! Hal ini bisa menyebabkan rambut terperangkap di balik kulit, sehingga bisa menyebabkan sel kulit mati, kotoran, dan bakteri terjebak di folikel rambut alis.

Cara ampuh mengobati jerawat di alis

Kamu tak perlu khawatir jika menemukan jerawat yang muncul di alis. Pada beberapa kasus, jerawat di alis bisa diatasi dengan pengobatan, baik secara alami ataupun dengan penggunaan obat.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi jerawat di alis, diantaranya:

Hindari untuk menyentuh dan memencet Jerawat

Bakteri dan kotoran yang ada di tangan dan juga bawah kuku bisa berpindah ke pori-pori wajah. Oleh karena itu, hindari untuk menyentuh dan memencet jerawat. Selain itu, memencet jerawat bisa membuatnya pecah dan meningkatkan risiko penyebaran bakteri di bawah kulit.

Rutin membersihkan wajah

Salah satu cara untuk mengatasi jerawat di alis adalah dengan rutin membersihkan wajah. Gunakanlah pembersih wajah yang lembut dan air bersih 1-2 kali sehari. Hindari pembersih wajah yang mengandung bahan pengering. Selain itu, bersihkan area rambut kepala untuk menghindari kotoran rambut atau residu produk rambut yang menempel.

Perawatan dengan bahan alami

Sebagian orang lebih memilih pengobatan dengan bahan-bahan alami untuk mengatasi jerawat yang muncul di dahi. Pilihlah produk alami yang bersifat anti-inflamasi dan antibakteri, seperti lidah buaya, tea tree oil, dan teh hijau.

Obat jerawat

Salah satu cara mengatasi jerawat yang muncul di alis paling mudah adalah dengan mengoleskan salep yang mengandung benzoil peroksida. Selain itu, bisa didukung dengan pembersih wajah yang mengandung salicylic acid. Obat jerawat bisa menghilangkan jerawat di alis dengan beberapa cara, seperti membersihkan pori-pori tersumbat, mengurangi bakteri di kulit, mengontrol produksi minyak di kulit, dan membersihkan sel kulit mati dan kotoran di kulit.

Kamu bisa membeli secara bebas obat jerawat di apotek. Namun, jika jerawat yang dimiliki cenderung parah, sebaiknya konsultasikan ke dokter untuk pengobatan yang lebih efektif.

Nah, itu tadi ulasan mengenai penyebab dan cara mengatasi jerawat di alis. Semoga bermanfaat!

Bagikan ke sosial media:

Recommended For You

desi3

About the Author: desi3

Seorang 'bibiliophile' yang jatuh cinta dengan Himalaya dan fans berat warna biru.~ travel to fulfill your soul ~

2 Comments

  1. Your point of view caught my eye and was very interesting. Thanks. I have a question for you. https://www.binance.info/kz/join?ref=DB40ITMB

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Kunjungi Alamat Baru Kami

This will close in 0 seconds