Merawat Rambut untuk Pengguna Hijab Agar Tetap Sehat, Cek!

Ingin tahu cara merawat rambut berhijab? Simak ulasannya di sini!

KECANTIKAN, malangpost.id – Kebanyakan orang mungkin mengira wanita berhijab aman dari masalah rambut karena terhindar dari paparan sinar matahari, debu, dan asap polusi. Faktanya, wanita berhijab tak lepas dari masalah rambut. Dengan rambut yang tertutup sepanjang hari, justru lebih rentan berkeringat. Selain itu, rambut tertutup akan meningkatkan produksi sebum (minyak) berlebih yang memudahkan bakteri dan kuman menumpuk. Tak jarang, kulit kepala terasa gatal dan muncul ketombe.

Masalah rambut yang rentan timbul

Ada beberapa masalah rambut yang rentan dialami wanita berhijab, diantaranya:

  • Rambut rontok
  • Rambut berminyak dan gampang lepek
  • Rambut rusak, rapuh, dan mudah patah

Tips merawat rambut berhijab

Tentunya wanita berhijab tetap perlu merawat rambut agar tetap sehat dan tampak indah. Berikut beberapa tips merawat rambut untuk wanita berhijab yang bisa diterapkan.

Lepas jilbab saat tiba di rumah

Buat kamu para wanita berhijab, sangat disarankan untuk segera melepas ikatan rambut dan jilbab setelah sampai rumah. Hai ini agar rambut yang tertutup seharian bisa beristirahat dan mendapatkan udara.

Pakai sampo dan kondisioner khusus

Cara berikutnya untuk merawat rambut bagi wanita berhijab adalah dengan memakai sampo khusus. Pilihlah sampo khusus untuk rambut sensitif atau sampo yang diformulasikan khusus untuk rambut berhijab. Untuk perawatan tambahan bisa mengaplikasikan kondisioner dan masker secara rutin agar rambut lebih sehat.

Sisir rambut sebelum dan sesudah keramas

Salah satu cara yang bisa dilakukan juga adalah menyisir rambut sebelum dan sesudah keramas. Hal ini bisa membantu menghindari masalah rambut rontok, menghindarkan rambut kusut, dan juga melancarkan sirkulasi darah ke kulit kepala.

Hindari memakai jilbab saat rambut basah

Masalah rambut pada wanita berhijab salah satunya bisa disebabkan saat menggunakan jilbab saat rambut masih dalam kondisi basah. Selain bisa memicu masuk angin, hal ini juga bisa membuat rambut bau dan menimbulkan ketombe.

Hindari mengikat rambut terlalu kencang

Buat wanita berhijab dengan rambut panjang, sangat disarankan untuk tidak mengikat rambut terlalu kencang. Usahakan untuk mengikat secukupnya agar rambut tidak menjadi kaku. Dan setelah melepas jilbab, segera buka juga ikatan rambut agar bisa bernapas.

Itu tadi beberapa tips merawat rambut berhijab agar tetap sehat dan indah.

Bagikan ke sosial media:

Recommended For You

desi3

About the Author: desi3

Seorang 'bibiliophile' yang jatuh cinta dengan Himalaya dan fans berat warna biru.~ travel to fulfill your soul ~

1 Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Kunjungi Alamat Baru Kami

This will close in 0 seconds