KARIR, malangpost.id – Sebagai seorang karyawan, mungkin akan mengalami kejenuhan dalam bekerja. Hal ini bisa jadi disebabkan karena merasa melakukan pekerjaan yang serupa setiap harinya untuk waktu yang cukup lama. Kondisi ini bisa menimbulkan rasa bosan, merasa tidak ada tantangan baru, atau merasa tidak ada kemungkinan untuk mendapatkan posisi yang lebih tinggi. Ternyata, ketidakpuasan akan pekerjaan bisa menjadi hambatan untuk mendapatkan kesempatan yang diinginkan. Agar karir kian menanjak, tidak ada salahnya untuk mencari dan mendapatkan solusi. Berikut langkah-langkah yang bisa dicoba untuk dilakukan.
1. Intropeksi diri sendiri
Intropeksi diri sendiri menjadi hal pertama yang bisa dilakukan. Alih-alih menyalahkan keadaan atau orang lain, bisa memulai dengan evaluasi diri. Kamu bisa mulai dengan mencari kekurangan diri. Mungkin, kamu seorang karyawan yang patuh dan rajin, tapi kurang inisiatif dan sulit berkomunikasi dengan rekan yang lain.
2. Bicara dengan atasan
Kamu bisa menemui atasan dan berbicara secara pribadi. Cobalah minta pendapat dan penilaiannya terhadap prestasi kerja selama ini. Utarakan juga keinginan untuk mencoba dan mendapatkan hal baru. Bukan tidak mungkin, atasan akan memberikan permintaan tersebut jika memang kinerja kamu layak dipertimbangkan.
3. Tingkatkan kemampuan
Jika sudah melakukan evaluasi diri dan menemukan ada hal yang belum terlalu dikuasai, kamu bisa meningkatkan keahilian. Kamu bisa mengikuti workshop atau kursus yang berguna dalam pekerjaan. Cobalah tanyakan kepada perusahaan tempat bekerja mengenai pelatihan internal atau pembiayaan kuliah dan kursus.
4. Memperluas hubungan
Selain keahlian dalam mengerjakan pekerjaan, karyawan juga diharapkan dapat membangun koneksi dengan kolega dan atasan. Kemampuan berkomunikasi yang baik dan juga sikap saat bekerja dalam tim bisa mempengaruhi penilaian terhadap diri sendiri. Semakin baik hubungan dengan dengan pihak lain, maka keberhasilan bisa dicapai dengan cukup mudah.
4. Konsultasi dengan HR
Kalau kamu merasa karir di pekerjaan tidak maju, cobalah berkonsultasi dengan HR. Biasanya tim HR, terutama people development punya catatan mengenai prestasi karyawan. Kamu bisa minta pendapat dan review terhadap kinerja dan melihat apa kekurangan diri.