Pandemi, Bulan Imunisasi Tetap Jalan

MALANG, malangpost.id– BIAS (Bulan Imunisasi Anak Sekolah) tetap dilaksanakan saat pandemi covid-19. Puskemas Rampal Celaket menyasar siswa SDN Rampal Celaket 2 Kota Malang, kemarin. Para siswa diantar orangtuanya. Sudah pasti menerapkan protokol kesehatan dengan ketat, 3 M (Memakai masker, Mencuci tangan dan Menjaga jarak).

“BIAS ini kebijakan pemerintah. Setiap tahun ada. Karena masih pandemi, maka kami bekerjasama dengan sekolah untuk mendatangkan siswa,” jelas Layli Adviani, petugas imunisasi dari puskesmas.

Sasarannya, siswa kelas 1 dan 5. Untuk siswa kelas 1 ada imunisasi MR (campak) dan kelas 5 imunisasi DT (Difteri Tetanus). Pada 19 November 2020 ada BIAS 2 untuk kelas 1 dan 2 berupa imunisasi difteri. Sisi lainnya, ini menggembirakan siswa karena bisa temu kangen dengan temannya, meski sebentar.

“Iya, sudah lama tak ketemu teman-teman. Sudah tujuh bulanan,” kata Alfat Rizki Bastian, siswa kelas 5A usai imunisasi. Bagi siswa kelas 1, ini pertama kalinya datang ke sekolah karena ada imunisasi.

Kepala SDN Rampal Celaket 2, Satupah, menyatakan: Setiap tahun memang ada kegiatan imunisasi ke siswa. Namun karena kondisi pandemi, maka semuanya harus ditata sesuai protokol kesehatan. Prosedur awal, siswa dan orangtuanya, dilakukan cek suhu di sekolah. Ada 11 SD yang didatangi puskesmas ini. Kegiatan berakhir 1 Desember 2020.

“Kita atur kedatangan siswa. Kami juga menyiapkan ruang karantina, setelah siswa menjalani imunisasi. Barangkali ada yang merasakan reaksinya,” jawab Satupah. (jan)

Bagikan ke sosial media:

Recommended For You

Calya

About the Author: Calya Putri

Pecinta musik dan pastinya juga suka menyanyi. Penulis yang memiliki bintang Sagitarius ini juga menykai K-Pop dan hobi wisata alam terutama pantai. Dunia fashion juga digelutinanya sejak kecil tebukti dari beberapa prestasi yang sering diraih dalam peragaan busana.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *