5 Hal yang Harus Dipersiapkan sebelum Masuk SD

Persiapan Masuk SD. Sudahkah Ayah Bunda mempersiapkannya?

DIKSAR, malangpost.idSebelum mendaftarkan anak atau masuk sekolah ke jenjang SD, setidaknya persiapkan materi dulu dan jangan lupa persiapan mental anak juga. Karena ia belajar tidak hanya bermodalkan tubuh saja, tetapi juga kesiapan sikap-sikap yang dibutuhkan, misal kemandirian dan kedisiplinan.

Ingat, pola belajar di TK beda dengan di SD. Orang tua perlu memberikan pendidikan karakter sesuai usia agar tidak kaget saat masuk sekolah SD. Oleh karena itu, berikut ini akan dijelaskan beberapa hal yang harus dipersiapkan sebelum masuk Sekolah Dasar (SD), diantaranya:

1. Ajak Anak Keluar Rumah

Hal ini perlu agar mengasah anak untuk peka dan mandiri. Terlatih dengan lingkungan yang berbeda selain rumah (keluar zona nyaman). Jadi dengan begitu, anak menjadi terbiasa dengan lingkungan yang ada.

Anak bisa diajak ke pasar, warung, atau tetangga sekitar sehingga secara tidak langsung maupun langsung anak akan mencoba berinteraksi dengan yang ia jumpai. Mulai dari berkenalan dengan orang lain maupun baru, dan memperhatikan apa yang terjadi di lingkungan yang ada.

2. Perbanyak Komunitas

Iya, mumpung anak masih muda perlu diajak untuk perbanyak kegiatan yang positif, diantaranya mengikuti komunitas atau organisasi yang ada sesuai dengan umurnya. Banyak teman baru membawa dampak perubahan yang besar, salah satunya dalam hal pola pikir.

Tetapi sebagai pendamping, orang tua harus meluruskan mana saja sisi positif yang bisa diambil dan memberikan edukasi sisi negatif yang diterima dari berkenalan orang banyak. Sehingga anak bisa menyimpan hikmah dan bisa mulai mencoba memfilter info mana saja yang ada.

3. Ajak Anak Berkunjung ke SD dekat Rumah dan SD yang akan Dituju atau Didaftar

Gunanya mengajak anak ke Sekolah Dasar adalah agar tahu situasi dan kondisinya saat berada di sekolah tersebut. Jadi anak tidak kaget karena sudah dilakukan pengenalan di awal. Sehingga dari situ, anak tidak akan malu dan mencoba open ke orang sekitarnya.

Anak bisa diajak kenalan kepada guru-guru yang ada jika mereka tidak pas atau sedang sibuk. Jadi anak bisa menyesuaikan diri jika berada dalam suatu lingkungan (melatih). Semakin baik lingkungan maka anak juga bisa berkembang.

4. Hargai Hasil Karya Anak

Hasil, karya yang mereka buat coba apreasiasi dan hargai. Dengan begitu anak akan merasa percaya diri dan bisa untuk berkreasi lebih dan lebih. Ungkapan pujian bisa disisipkan dalam menumbuhkan rasa percaya diri. Memang seperti itu.

Hindari sikap menyalahkan, karena hal tersebut membuat anak merasa tidak dihargai dan menumbuhkan rasa tidak percaya diri pada anak. Dari hal tersebut itulah, anak malah tajut untuk berkarya maupun berkreasi karena takut salah dan disalahkan. Apalagi kritik pedas.

5. Jawab Pertanyaan Anak dengan Baik dan Benar

Karena masih pada masa pertumbuhannya, maka tidak heran jika anak suka bertanya. Karena penasaran. Jadi setiap pertanyaan anak kalau bisa jawab secara baik maupun benar. Jika Ayah Bunda tidak tahu, maka cukup bilang sejujurnya kepada anak. Agar tidak salah paham dan salah jawaban.

Orang tua bisa memperkenalkan anak pada membaca, menulis, maupun menghitung. Menggambar juga bisa. Hal tersebut membantu kemampuan dasar anak. Lakukan kegiatan yang menyenangkan sekalian bermain. Agar pembelajaran tidak monoton dan cepat terserap.

Ingat, orang tua harus selalu bersabar kepada anak kecuali ada hal-hal di luar batas yang tidak bisa ditolerir. Nah, itu bisa dijadikan acuan sebagai mendidik. Jadi itulah 5 hal yang perlu disiapkan sebelum anak masuk ke Sekolah Dasar (SD). Semoga bermanfaat.

Bagikan ke sosial media:

Recommended For You

yuliartiselli

About the Author: yuliartiselli

Cewek dengan bintang Taurus ini suka berpetualang dan menjelajahi dunia maupun Indonesia, apapun itu. Berpetualang mencari jati diri dan jadi diri sendiri. Suka explore sendiri. Dan untuk dunia kepenulisan, dia sudah menggeluti selama 1 tahun lebih sebagai content writer di berbagai proyek.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

close