Apa Itu Teknik Elektro? Dan Bagaimana Prospek Kerjanya?

KAMPUS, malangpost.id – Buat kamu yang ingin melanjutkan kuliah ke fakultas teknik tentu tahu ada jurusan Teknik Elektro, bukan? Mungkin, sebagian orang masih belum tahu tentang jurusan yang satu ini.

Sebagian lain bisa jadi juga tidak paham bagaimana prospek kerja bagi lulusan teknik elektro. Simak informasi mengenai apa itu teknik elektro dan prospek kerja setelah lulus berikut ini.

Tentang Teknik Elektro

Teknik elektro adalah ilmu teknik yang mempelajari tenaga listrik (arus kuat) serta beragam aplikasi yang bisa digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Mulai dari sistem jaringan distribusi hingga sumber pembangkit tenaga listrik.

Saat kuliah, mahasiswa akan belajar ilmu pengetahuan seputar konsep, perancangan, pengembangan, dan juga produksi perangkat listrik dan elektronik.

Baca juga: Kamu Suka Matematika? Ini Kaitannya Dengan Jurusan Teknik Informatika

Selain itu, mahasiswa dibekali dengan metode pembangkit energi terbarukan, metode penyimpanan energi, dan metode kontrol penghematan energi.

Dalam teknik elektro terdapat beberapa cabang, seperti teknik listrik, teknik elektronika, teknik komputer, teknik instrumentasi, hingga telekomunikasi.

Kampus dengan Fakultas Teknik

Teknik elektro adalah salah satu jurusan yang cukup populer di fakultas teknik. Buat kamu yang ingin kuliah teknik di jurusan ini, mendaftar ke perguruan tinggi yang memiliki fakultas teknik bisa jadi pilihan, seperti ITN Malang.

Kampus yang berlokasi di Malang ini punya dua fakultas teknik, yaitu Teknik Sipil & Perencanaan dan Teknologi Industri.

Baca juga: Teknik Informatika, Jurusan Paling Diminati Saat Ini, Kenapa Ya?

Nah, jangan lewatkan kesempatan untuk menjadi mahasiswa Teknik Elektro! Langsung saja cek informasi pendaftaran kampus ITN Malang di situs https://www.itn.ac.id/.

Prospek kerja lulusan Teknik Elektro

Apakah kamu termasuk salah satu yang mengira kalau lulusan teknik elektro hanya bekerja sebagai tukang listrik? Jangan salah, peluang kerja lulusan ini sangat luas. Terutama pekerjaan di industri energi dan tenaga listrik.

Bahkan, hampir semua industri membutuhkan lulusan ini. Diantaranya adalah industri minyak dan gas, tekstil, manufaktur, aerospace, transportasi, hingga bio engineering.

Peluang kerja di instansi pemerintah seperti Kementerian ESDM pun terbuka lebar. Dengan luasnya prospek kerja, jenjang karir juga sangat bervariasi. Umumnya, seorang fresh graduate bisa mendapatkan gaji di kisaran Rp5.000.000, tergantung pengalaman, kemampuan, hingga area kerja.

Berikut beberapa peluang kerja yang bisa jadi pilihan karir lulusan teknik elektro:

  • Product Manager
  • Teknisi dan Operator Pabrik
  • Teknisi Robot
  • Perancang dan Teknisi Mesin
  • Dosen
  • Teknisi Sistem Solar
  • Teknisi Penerbangan
  • Software Engineer
  • Administrator komputer dan jaringan
  • Teknisi Telekomunikasi

Jadi, buat kamu yang ingin melanjutkan kuliah di teknik elektro, jangan khawatir tentang peluang kerja dan karir setelah lulus!

Bagikan ke sosial media:

Recommended For You

desi3

About the Author: desi3

Seorang 'bibiliophile' yang jatuh cinta dengan Himalaya dan fans berat warna biru. ~ travel to fulfill your soul ~

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *