Sediakan Puluhan Ribu Buku, Perpustakaan Anak Bangsa Ajak Masyarakat Gemar Membaca

KANJURUHAN, Malangpost.id – Saat ini Perpustakaan Anak Bangsa telah memiliki ribuan buku yang bisa dibaca dan dipinjam kapan pun oleh masyarakat sekitar. Perpustakaan ini terletak di Dusun Karangrejo, Sukopuro, Kec. Jabung, Kabupaten Malang. 

Dirintis oleh Eko Cahyono, seseorang yang memang gemar membaca. Sehingga untuk menciptakan tempat agar dirinya bebas membaca, secara resmi ia mendirikan Perpustakaan Anak Bangsa pada tahun 1998.

“Resmi berdiri tahun 1998, namun sudah saya rintis mulai tahun 1995,” ungkap Eko

Untuk menarik minat masyarakat agar mau datang ke perpustakaan, ia mengaku menciptakan berbagai kegiatan. Mulai menyediakan tempat bermain PS (PlayStation) bagi anak-anak.

Kemudian memberikan contoh memasak dan kecantikan bagi remaja putri, hingga penyuluhan pertanian dan pembagian bibit tanaman bagi warga sekitar.

“Juga menonton film dan bola bareng, diskusi, penyuluhan narkoba. Jadi semua kegiatan bertujuan agar masyarakat datang ke perpustakaan,” sambungnya

Sejak pandemi banyak sekolah melaksanakan daring, sehingga anak lebih banyak beraktivitas di kediaman masing-masing. Hal ini justru menambah jumlah kunjungan perpustakaan dari kalangan anak-anak sekolah.

“Malah anak-anak banyak yang ke perpustakaan karena sekolah banyak yang libur (sekolah daring, red). Itu justru banyak yang punya waktu luang untuk ke perpustakaan,” kata Eko

Ia mengaku, setiap hari pasti ada pengunjung yang datang ke perpustakaan. Mereka membaca buku-buku yang sebagian besar berasal dari hasil donasi penerbit, lembaga, perusahaan maupun dari perorangan.

Dua pengunjung sedang mencari buku pilihannya (Foto : Ist)

Diketahui buku yang disediakan ada berbagai macam jenis, seperti buku pelajaran, buku teknologi, buku anak-anak, novel, kewirausahaan, sampai buku-buku pengetahuan umum.

“Buku jumlahnya jika dikumpulkan ada sekitar 80 ribu, tapi karena banyak yang keluar dan dipinjam oleh perpustakaan baru yang baru merintis, mungkin yang ada di Perpustakaan Anak Bangsa saat ini hanya sekitar 50%-nya saja,” tekannya

Pintar Harus Rajin Membaca

Terakhir ia berpesan, bahwa butuh pintar memang harus sekolah dan kuliah. Namun juga harus dibarengi dengan rajin membaca.

Sehingga walaupun tidak ada kesempatan untuk sekolah atau kuliah yang lebih tinggi, masyarakat punya alternatif lain untuk menjadi pintar melalui membaca buku di perpustakaan.

“Jadi tidak ada kata terlambat untuk belajar,” imbuhnya

Pendiri Perpustakaan Anak Bangsa ini percaya sebenarnya minat baca masyarakat Indonesia tidak rendah, selama ada bahan bacaan yang benar-benar tersedia bagi masyarakat.

“Buktinya selama 23 tahun saya membuat dan mendirikan perpustakaan, siapa pun yang saya kasih buku pasti mau dan mampu untuk membaca,” kata Eko

“Sebenarnya minat baca masyarakat itu tinggi, Cuma masalahnya selama ini tidak ada bukunya dan tidak ada yang mengasih buku,” pungkasnya

Bagikan ke sosial media:

Recommended For You

Wahyu

About the Author: Wahyu Setiawan

Paling hobi jalan-jalan; lebih senang baca novel; suka nonton film bergenre Adventure, Comedy, Horror, Animation, Fantasy & Romance.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Kunjungi Alamat Baru Kami

This will close in 0 seconds