Hobi Menari Sejak SMP, Mahasiswa Unmer Ingin Promosikan Keunikan Budaya Dayak

KAMPUS, Malangpost.id – Setiap orang pasti memiliki hobinya masing-masing. Tidak terkecuali, dua mahasiswa Universitas Merdeka Malang (Unmer).

Mereka adalah Wincent (Program Studi Teknik Sipil), dan Charles (Program Arsitektur) yang sama-sama memiliki hobi menari.

Wincent menuturkan, ketertarikan terhadap dunia tari sudah muncul sejak duduk di bangku SMP. Pada masa itu juga, dirinya sudah rutin berlatih di sanggar, sehingga mampu menjuarai berbagai lomba tari.

“Sejak SMP kami berlatih tari di sanggar, dan sering menjuarai berbagai lomba tari.  Seperti Porseni tingkat SMP hingga SMA,” kata Wincent.

Prestasi bidang tari juga terus berlanjut ketika mereka duduk di bangku perkuliahan. Pasalnya bulan lalu, dua mahasiswa asal Singkawang ini berhasil meraih prestasi tingkat nasional.

Tepatnya menjadi juara II lomba tari berpasangan di ajang Diskusi Ilmiah, Pekan Olahraga dan Seni Nasional (DISPORSENI) Universitas Terbuka Bandar Lampung 2021.

Wincent memaparkan, saat itu mereka membawakan Tari Balele’ dari Provinsi Kalimantan Barat. Sebuah tarian yang bercerita mengenai Suku Dayak ketika akan bertani di ladang.

Menurutnya, pada setiap gerakan mencerminkan makna proses membuka lahan, menanam padi, hingga menuai hasil panen.

“Selain itu, dalam tarian ini juga tercermin rasa syukur terhadap Sang Pencipta atas hasil pertanian yang melimpah,” imbuhnya.

Di satu sisi, Charles mengaku, bahwa terdapat kesulitan saat membawakan Tari Balele’.

Terutama ketika harus meracik gerakan tari dengan berpasangan. Apalagi tarian ini, biasanya dibawakan oleh lima orang penari sekaligus

“Namun karena saat itu persyaratan lomba harus dua orang, kami berlatih untuk meringkas gerakan sehingga pas dibawakan berdua,” tutur Charles.

Dirinya menambahkan, lewat tarian mereka dapat mengatur emosi dan membangun mood positif dalam berkegiatan atau beraktivitas.

“Di samping itu kita juga mempromosikan keunikan budaya suku Dayak kepada masyarakat luas,” sambung Charles.

Atas capaian prestasi terbaru tersebut, Wincent dan Charles merasa bersyukur.

Tidak lupa mereka berterimakasih atas segala dukungan yang diberikan oleh UNMER Malang, sehingga mereka dapat mengharumkan almamater di tingkat nasional.

Bagikan ke sosial media:

Recommended For You

Wahyu

About the Author: Wahyu Setiawan

Paling hobi jalan-jalan; lebih senang baca novel; suka nonton film bergenre Adventure, Comedy, Horror, Animation, Fantasy & Romance.

1 Comment

  1. I really enjoy studying on this web site, it contains wonderful blog posts. “Violence commands both literature and life, and violence is always crude and distorted.” by Ellen Glasgow.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Kunjungi Alamat Baru Kami

This will close in 0 seconds