5 Jenis Mainan Edukatif untuk Anak Mulai Usia 1 Tahun

PAUD, malangpost.id – Saat anak memasuki usia 1 tahun, orang tua bisa memberikan mainan yang bisa membantu tumbuh kembangnya. Usia 1 tahun adalah saat di mana si kecil mulai menjelajah area sekitar, memegang benda-benda, dan mengambil barang-barang yang menarik perhatiannya. Sebagai orang tua, Anda bisa membelikan mainan edukatif anak yang bisa mendorong kemampuan motorik kasar dan halus.

Selain itu, Anda juga bisa mempertimbangkan mainan yang bisa membantu meningkatkan kemampuan si kecil dalam berkomunikasi. Mainana edukatif juga bisa membantu anak untuk fokus dan menjauhi si kecil dari benda-benda berbahaya, seperti kelereng dan pecah belah.

Ini dia rekomendasi mainan edukatif untuk si kecil yang kami rangkum dari berbagai sumber.

1. Mainan balok kayu

Wooden brick atau balok berbahan dasar kayu dengan tekstur halus merupakan salau satu mainan edukatif yang bisa diberikan untuk anak usia 1 tahun. Selain ringan, mainan ini juga tidak mudah dimasukkan mulut. Sehingga orang tua tidak perlu khawatir mainan tertelan atau menimpa si kecil.

Baca juga: Ini Manfaat Mengajarkan Anak Mencintai Buku Sejak Dini

2. Permainan alat musik

Berikutnya, mainan yang bisa diberikan untuk si kecil berusia 1 tahun adalah permainan alat musik. Selain bisa menghibur, permainan alat musik juga bisa menjadi alat belajar agak pendengaran si kecil lebih peka. Permainan alat musik yang berwarna-warni juga akan menarik perhatian si kecil untuk memainkannya.

3. Sensory board

Untuk membantu perkembangan motorik anak, Anda bisa memberikan mainan sensory board. Ini adalah mainan yang berisi benda-benda dengan beragam tekstur. Sehingga anak bisa mengenal berbagai macam benda dengan bentuk yang berbeda-beda dengan cara melihat, menyentuh, dan merasakan.

4. Bola sensori

Selain papan sensori, anda juga bisa memberikan bola sensori kepada si kecil. Umumnya, bola sensori memiliki tekstur bergerigi tumpul dan dapat mengeluarkan bunyi saat digigit atau dipencet. Mainan ini juga bisa membantu sistem motorik anak dan tidak mudah tertelan.

Baca juga: Kenali Tipe Kecerdasan dan Gaya Belajar Anak Sejak Dini

5. Ring donat

Dengan berbagai bentuk dan warna, mainan ring donat juga akan menarik perhatian si kecil. Anak bisa berlatih untuk menyusun ring menjadi menara dengan susunan yang menarik. Permainan ini juga bisa melatih kreativitas dan daya imajinasi si kecil.

Bagikan ke sosial media:

Recommended For You

desi3

About the Author: desi3

Seorang 'bibiliophile' yang jatuh cinta dengan Himalaya dan fans berat warna biru.~ travel to fulfill your soul ~

5 Comments

  1. Right now it looks like Expression Engine is the best blogging platform available right now. (from what I’ve read) Is that what you are using on your blog?

  2. Good day! I could have sworn I’ve visited your blog before but after
    looking at some of the posts I realized it’s new to me.
    Anyways, I’m definitely happy I came across it and I’ll
    be bookmarking it and checking back regularly!

    Also visit my homepage; tracfone coupon

  3. I don’t even know how I stopped up right here, but I
    believed this publish was great. I do not recognise who you are however definitely you’re going to a
    famous blogger for those who aren’t already. Cheers!

    Feel free to surf to my web-site :: coupon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Kunjungi Alamat Baru Kami

This will close in 0 seconds