Tips Membuat Caption Yang Keren Dan Menarik

NETWRITER, Malangpost.idCaption Image atau keterangan pada gambar berfungsi untuk menjelaskan isi gambar atau foto. Bisa juga untuk menuliskan sumber gambar yang akan kita cantumkan di blog atau website. Keterangan foto atau biasa disebut caption merupakan salah satu unsur terpenting dalam sebuah konten jurnalistik sekaligus sebagai alat komunikasi visual.

Mengapa Caption Itu Penting?

Dalam dunia jurnalistik, suatu foto atau gambar meski bagus tidak berarti apa-apa tanpa sebuah caption. Karena keberadaan caption sama pentingnya dengan gambar itu sendiri. Caption membuat pembaca tidak perlu menerka-nerka pesan apa yang ingin disampaikan dalam gambar. Maka, selain menambah daya tarik pada artikel Anda, caption juga berperan penting dalam mengungkap hal yang ingin Anda jabarkan pada sebuah foto atau gambar.

Selanjutnya mari kita simak beberapa tips dan teknik menulis caption di bawah ini!

Bagaimana Cara Membuat Caption Yang Baik dan Benar?

  • KISS (Keep It Short and Simple)

Keterangan foto sebaiknya ditulis singkat dan sederhana. Selain itu buatlah semenarik mungkin dengan kalimat yang tidak bertele-tele. Kalimat yang singkat padat dan jelas lebih cepat memberikan pemahaman kepada pembaca mengenai peristiwa yang ada dalam foto jurnaslitik.

  • Kalimat Aktif Bikin Lebih ”Greget”

Susunan kalimat aktif lebih mampu menuntun pembaca masuk ke dalam suasana dramatis yang ada dalam foto jurnalistik. Selain itu juga dapat menghindari pemborosan kata. Coba bandingkan contoh di bawah ini :

”Kendaraan terpaksa berjalan pelan untuk menghindari jalan berlubang di jalur Pantura, Kaliwungu, Kendal, Jawa Tengah pada hari Kamis.” (Kalimat Aktif – langsung dan ekonomis bahasanya)

”Kendaraan terpaksa dijalankan dengan pelan oleh pengendaranya untuk menghindari jalan berlubang di jalur Pantura, Kaliwungu, Kendal, Jawa Tengah pada hari Kamis.” (Kalimat Pasif – boros dan bertele-tele)

  • Menyertakan Fakta Geografis Penting

Sangat dianjurkan untuk memasukkan fakta geografis dalam sebuah caption atau keterangan foto. Lokasi pengambilan foto ada di wilayah mana dan bagaimana tempat itu difungsikan.

  • Gaya Penulisan Harus Tepat

Jangan pernah menulis keterangan foto bernada humor untuk gambar foto dramatis apalagi dilebih-lebihkan hanya demi menarik pembaca.

  • Memperkuat Cerita Dengan Caption

Gunakan caption untuk memberi tahu pembaca akan sesuatu yang baru. Saat pembaca melihat foto, biasanya mereka dihadapkan pada sebentuk emosi dan semacam informasi. Caption harus memancing pembaca untuk meneliti cerita lebih dalam dan mencari informasi lebih lanjut.

  • Mengadung aspek 5W + 1H yaitu :
  1. Who

Nama subjek dalam foto, umur, alamat detail, serta nomor telepon bila dibutuhkan. Tanyakan hal-hal lain yang relevan dengan diri subjek, misalnya pekerjaan dan juga kehidupannya.

  • What

Identifikasi peristiwa dengan detail dan menyeluruh. Carilah informasi yang spesifik tentang apa yang ada dalam gambar seperti akan menulis berita.

  • When

Tulislah hari, bulan, dan tahun bahkan jam secara detail. Seringkali foto atau gambar dimuat beberapa saat setelah peristiwa terjadi. Pada peristiwa tertentu penulis harus tahu waktunya dengan pasti.

  • Where

Anda harus mencari data lokasi peristiwa dengan lengkap. Berikut nama jalan, desa, kecamatan dan seterusnya. Anda juga dapat mencari data tempat yang lebih spesifik misalnya nama gedung, atau pemilik dari tempat tersebut (kembali ke aspek who).

  • Aspek Why

Anda harus mencari tahu kenapa sebuah acara misalnya diadakan di kota A, atau di tengah danau, atau missal tentang seorang ibu yang menangis pilu dan lain sebagainya. Bisa juga keterangan berupa sebab dari suatu kejadian. Seringkali data-data tentang “why” ini tidak terlalu dibutuhkan dalam penulisan caption pendek dalam sebuah artikel namun tetap dianjurkan untuk dipergunakan.

  • How

Anda harus memastikan betul bagaimana suatu perkara terjadi. Apakah peristiwa kebakaran membakar sebuah gedung dari lantai dasar ke atas atau sebaliknya.

Nah, itu dia tata cara menulis caption sesuai akidah yang baik dan benar. Jangan lupa tambahkan kata-kata yang unik dan menarik agar membuat pembaca semakin terkesan.

Selamat mencoba!

Bagikan ke sosial media:

Recommended For You

Advertorial

About the Author: Advertorial

Kenalkan produk atau jasa Anda melalui konten artikel menarik. Buat Audience lebih mengenal produk Anda dengan detail. Untuk informasi hubungi tim pemasaran malangpost[dot]id melalui email: marketing@malangpost.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

close