Kini Para Petani Kecil Diberdayakan oleh Microsoft

TRENDING, malangpost.id- Semakin hari, kondisi petani bisa dibilang mengenaskan. Lahan pertanian semakin menyempit, kebutuhan akan bahan pangan terus meningkat, tetapi kesejahteraan para petani tidak pernah membaik. Kesenjangan ini yang harus diberantas.

Kementerian Pertanian (Kementan) berusaha mensejahterahkan para petani. Perkembangan jaman sangat merugikan petani. Lahan semakin sempit dan kemampuan para petani untuk mengikuti jaman sangat minim. Oleh karena itu Kementan melakukan kerjasama dengan Microsoft untuk memberdayakan para petani.

Dilansir dari Liputan6.com, Kementerian Pertanian (Kementan) menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) dengan Microsoft untuk memberdayakan petani kecil. Melalui kerja sama ini, kedua belah pihak menghadirkan solusi berorientasi teknologi yang akan membantu meningkatkan pendapatan menggunakan terobosan, teknologi berbasis cloud, machine learning, dan analitik canggih.

MoU ini akan membantu Kementan dan mitranya meningkatkan distribusi informasi menuju efisiensi dan produktivitas yang lebih tinggi di seluruh rantai pasokan. Mulai dari membangun platform kolaboratif, menangkap kumpulan data pertanian seperti hasil panen, data cuaca, permintaan pasar dan harga, hingga membangun model machine learning, dan perjanjian strategis akan membantu mengubah industri pertanian menjadi lebih banyak data-driven untuk kepentingan para stakeholder.

Pemanfaatan teknologi ini diharapkan dapat membantu para petani agar meningkatkan produksi dan efisiensi sehingga bisa meningkatkan kesejahteraan para petani dan ini bisa menjadi daya tarik bagi para petani muda atau bahkan orang-orang yang ingin menjadi petani.

Ekosistem ini rencananya akan dikembangkan di FarmBeats, platform cloud khusus industri yang dibuat menggunakan Microsoft Azure untuk mengolah data menjadi tepat guna dan dapat ditindaklanjuti.

Azure FarmBeats membantu mengumpulkan data pertanian dari berbagai sumber, menggabungkan berbagai set data pertanian dari sensor, drone dan satelit, serta mengembangkan kecerdasan buatan dengan cepat, dan membangun solusi pertanian digital khusus.

Bagikan ke sosial media:

Recommended For You

abirafdi

About the Author: abirafdi

Menjadi seorang penulis tidak hanya membutuhkan kemampuan dan pengetahuan saja. Passion juga dapat membantu saya untuk terus berkembang dan menjadi lebih baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

close