Naturalisasi Sebagai Indikator Darurat SDM di Indonesia

SEPAKBOLA, malangpost.id- Sejauh ini dalam dunia olahraga Indonesia penggunaan pemain naturalisasi memang sudah sering ditemui. Sebut saja Alberto Goncalves yang sudah lama merumput di Indonesia. Eksistensi pemain naturalisasi ini sebenarnya bisa menjadi indikator baik maupun buruk. Bagaimana kita sebagai pemerintah, pelaku dalam bidang olahraga, untuk menyikapi dan memahami fungsi dari adanya naturalisasi.

Tujuan awal dari adanya naturalisasi adalah mengenai prestasi. Minimnya prestasi di bidang olahraga menyebabkan negara memutuskan untuk melakukan naturalisasi pemain luar. Besar harapan terhadap pemain naturalisasi dapat mendongkrak prestasi nasional.

Anggapan bahwa pemain naturalisasi memiliki kemampuan dan fisik diatas rata-rata pemain Indonesia menjadi pertimbangan utama negara melakukan naturalisasi. Tetapi nyatanya memang pemain naturalisasi tidak memberikan dampak yang seperti diharapkan. Apakah ini bisa menjadi indikator kegagalan?

Memang, ada perkembangan secara permainan apabila terdapat pemain naturalisasi dalam suatu tim. Tetapi itu tidak menjadi penilaian bahwa naturalisasi adalah solusi disemua masalah olahraga Indonesia.

Terdapat 4 pemain yang mengajukan naturalisasi

Pada tahun ini terdapat empat pemain yang mengajukan naturalisasi, pemain tersebut adalah tiga pebasket Brandon Van Dorn Jawato, Lester Prosper, Kimberly Pierre Louis, dan dari cabang olahraga sepakbola Marc Anthony Klok.

Dipertanyakan kebutuhan atas naturalisasi oleh DPR, alasan yang sama keluar dari mulut Kemenpora yaitu sebagai kebutuhan tim dalam mendongkrak prestasi. Menteri Amali mengatakan bahwa empat pemain tersebut memiliki kepentingan besar. Salah satunya terkait Kualifikasi FIBA Asia Cup, Piala Dunia Basket 2023, dan memperbaiki ranking FIFA.

Mungkin benar apa yang dikatakan oleh Kemenpora bahwa kita masih membutuhkan tenaga dari pemain naturalisasi. Tetapi apakah keputusan itu tepat? Masih banyak pemain yang tersisihkan oleh pemain naturalisasi, bukan karena kemampuannya melainkan statusnya sebagai pemain lokal.

Keberadaan pemain naturalisasi bisa memberikan dampak bagi pemain lokal. Mereka akan tersisih dan kekurangan jam terbang. Padahal kualitas pemain lokal dan naturalisasi tidak signifikan.

Meskipun begitu pemain naturalisasi dapat menjadi sebuah hal positif. Pemain naturalisasi dapat memberikan pengetahuan dan pengalaman kepada para pemain lokal yang belum pernah merumput di negara lain. hal tersebut akan menjadi pandangan baru dan secara tidak langsung akan berdampak pada pemain lokal.

Bagikan ke sosial media:

Recommended For You

abirafdi

About the Author: abirafdi

Menjadi seorang penulis tidak hanya membutuhkan kemampuan dan pengetahuan saja. Passion juga dapat membantu saya untuk terus berkembang dan menjadi lebih baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

close