Tips Jualan di Marketplace bagi Pemula Agar Laris Manis!

Jadi pebisnis online harus siap konsekuensinya

TIPS, malangpost.id – Pasti di zaman yang canggih ini ingin melakukan bisnis secara online. Tapi sayang, itu hanya keinginan saja, tidak dicoba dan masih bingung mau melakukan apa. Banyak yang masih bingung bagaimana membuat jualan laris manis apalagi masih sebagai pemula.

Marketplace menjadi salah satu cara bagi pebisnis online untuk mengenalkan dan menjualkan produknya. Hal tersebut bisa dilihat dalam Tokopedia, Bukalapak, maupun Shopee. Hampir semua orang pasti tahu akan marketplace ini.

Untuk rubrik kali ini, lebih fokus kepada bagaimana jualan anda laris di marketplace, baik anda sebagai pemula maupun yang sudah fasih untuk berjualan online. Berikut ini ulasannya:

1. Jangan Berekpektasi Terlalu Tinggi tentang Pembeli

Maksudnya dalam artian anda sebagai pemula jangan terlalu berharap tinggi bahwa anda akan mendapatkan banyak pembeli maupun pelanggan jika masih awal-awal. Padahal sudah dipastikan tidak semudah itu.

Jadi dengan berpikir secara realita, anda siap mental bahwa melakukan bisnis online itu pasti ada sisi negatif maupun positifnya. Jadi, kekurangannya bisa anda inovasi agar tidak kekurangan suatu apapun. Atau kalau tidak begitu yah meminimalisir kerugian yang ada.

2. Buat Nama Toko yang Mudah Diingat dan Pastinya Unik

Untuk menggaet pembeli, maka anda harus memberikan tampilan awal yang bagus beserta namanya. Dengan nama yang mudah diingat, produk yang jarang diperjual belikan di pasar, maupun memiliki keunikan (kekhasan) pasti akan menarik perhatian para calon pembeli.

Kata familiar yang biasanya anda dengar, bisa membantu anda untuk mencari nama yang cocok bagi toko anda. Pemilihan kata juga mempengaruhi isi dari jualan produk tersebut. Jadi pintar-pintarlah

3. Buatlah Logo dan Desain yang Bagus maupun Menarik

Ini juga penting, karena berkaitan dengan branding atau citra dari produk itu sendiri. Pilihlah logo yang sesuai dengan apa yang anda jual. Jadi lebih mencerminkan ke produk anda sih. Desain untuk media sosial produk jangan lupa dibuat sekreatif dan seinovatif mungkin.

Dengan desain dan tampilan yang bagus, maka otomatis calon pembeli bisa membaca dan mengukur seberapa besar kualitas dari produk tersebut. Semakin tampilannya menarik maka calon pembeli presentasenya lebih banyak untuk membeli.

4. Gunakan Jasa Ekspedisi

Sediakan opsi kurir pastinya di berbagai marketplace yang dipunya. Semakin banyak opsi atau pilihannya, maka calon pembeli bisa memilih mana yang paling disuka. Begitu juga dengan metode pembayaran maupun jenis bank nya. Maka pembeli akan mudah dalam hal akses.

Saat suatu toko online memiliki dua hal di atas, maka calon pembeli yang punya rencana beli tidak akan berpaling hanya gara-gara tidak lengkap dalam hal metode pembayaran maupun jenis banknya. Selain itu, menu pilihan jenis kurir yang lengkap juga sangat diidam-idamkan oleh para konsumen.

5. Gunakan Deskripsi Produk di Marketplace dengan Baik dan Jelas

Deskripsi produk merupakan indikator untuk menggaet pembeli dalam hal jadi atau tidaknya memesan produk. Jadi perlu trik jitu agar anda bisa membuat deskripsi produk semenarik mungkin. Deskripsi harus lengkap, jelas, dan padat. Sehingga informasi bisa tersampaikan secara utuh.

Deskripsi yang baik akan mendatangkan banyak pelanggan, karena konsumen bisa mengambil keputusan mau beli atau tidak produk tersebut. Sampaikan keunikan yang ada dalam produk tersebut. jadi, jika masih susah dan tidak ahli dalam membuat deskripsi, bisa tanya ke ahlinya.

Nah, itulah penjelasan tentang tips berjualan di marketplace bagi pemula agar laris manis. Semoga bermanfaat dan bisa dipraktekkan.

Bagikan ke sosial media:

Recommended For You

yuliartiselli

About the Author: yuliartiselli

Cewek dengan bintang Taurus ini suka berpetualang dan menjelajahi dunia maupun Indonesia, apapun itu. Berpetualang mencari jati diri dan jadi diri sendiri. Suka explore sendiri. Dan untuk dunia kepenulisan, dia sudah menggeluti selama 1 tahun lebih sebagai content writer di berbagai proyek.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

close