Hari Satu Juta Pohon Diperingati 6 Komunitas Terkait

Hari Gerakan Satu Juta Pohon yuk diagendakan!.   

KOMUNITAS, malangpost.idPerlu diingat, setiap tanggal 10 Januari pasti kita memperingati hari Sejuta Pohon Sedunia. Sudahkah anda peduli dunia?. Tenang terkhusus lingkungan anda bisa melihatnya di komunitas yang sedang berkecimpung di dunia lingkungan.

Siapa tahu anda bisa ikut dan memeriahkannya. Otomatis kemungkinan hati anda akan tergerak untuk peduli lingkungan. Apalagi membaca artikel ini, diharapkan hati anda tergerak untuk ikut menjaganya walaupun tidak harus ikut komunitas. Iya kan?.

Nah, berikut ini akan dibahas tentang komunitas mana saja sih yang peduli akan lingkungan terkhusus pernah mengadakan acara yang berkaitan dengan peringatan Hari Sejuta Pohon Sedunia. Pastinya dilakukan secara rutin yah. Diantaranya:

1. Amatil Indonesia bekerja sama dengan Desa Samban

Coca-Cola Amatil Indonesia (Amatil Indonesia) di tahun 2019 mengadakan aksi menanamn ribuan pohon di sekitar lingkungan pabrik. Kegiatan ini dijalankan bersama masyarakat Dusun Karang Joho, Desa Samban.

Hal tersebut mendapat apresiasi positif dari karyawan Amatil Indonesia dan masyarakat sekitar. Kepala Desa Samban juga turut serta mengajak seluruh anggota karang taruna dalam kegiatan tersebut. Wakil Bupati Semarang juga hadir dalam acara tersebut untuk memberikan sambutan.

2. Gerakan Tanam Pohon (GTP) Bogor

Komunitas Gerakan Tanam Pohon (GTP) Bogor merayakan tiga tahun terbentuknya komunitas tersebut dengan mengadakan acara berupa menanam dan merawat pohon dalam upaya menghijaukan kembali kota Bogor.

Mereka sudah menanam sekitar 198 pohon sekaligus merawatnya sehingga dengan pohon tersebut, kota Bogor jadi tidak terlalu panas. Pohon disana sedikit karena dibuat pemukiman warga sehingga dengan adanya komunitas GTP yang lahir pada tahun 2015 semoga membantu.

3. Diajeng Semarang (KDS)

Komunitas ini merayakan HUT nya yang ke-4 dengan melakukan kampanye pelestarian lingkungan dengan membagikan 100 bibit pohon kepada masyarakat secara gratis. Komunitas ini beranggotakan para wanita pecinta pakaian adat kebaya.

Ketua komunitas ini, Tanjung Widuri dalam kegiatannya mengambil tema “Satu Pohon Sejuta Cinta”. Kegiatan ini akan belangsung pada tanggal 15-21 Desember 2020 dengan para peserta memakai kebaya dalam menanamkan bibitnya.

4. KMMP Lentera

Di Kabupaten Bogor tepatnya, KMMP Lentera Sasak sedang mengadakan acara aksi penanaman pohon Mahoni 270 buah di sepanjang jalan Gebang-Bangkalan. Dalam aksi tersebut dihadiri oleh Ketua Komisi III DPRD Kabupaten Cirebon.

Untuk bibit yang ditanam dapat dari Dinas LHK Kabupaten Majelengka. Jadi dengan aksi tersebut diharapkan masyarakat sadar akan pentingnya menjaga lingkungan dengan merawat tanaman yang ada maupun menambah zona hijau di sekitar linngkungannya.

5. ewasteRJ dibawah Yayasan Peduli Sampah Elektronik Indonesia

Komunitas ini memberikan sosialisasi berupa bahaya sampah elektronik dan mengajak masyarakat untuk mewadahi barang tersebut (yang sudah tidak terpakai) ke kotak khusus. Dengan hal tersebut, barang elektronil yang sudah tidak bisa dipakai bisa didaur ulang.

Jadi dengan sosialisasi tersebut masyarakat bisa tergugah bahwa membuang sampah sembarangan memang tidak baik. Sehingga perlu dipilah-pilah terlebih dahulu agar lingkungan lebih terjaga dan tidak terlalu tercemar. Sehingga dengan wawasan ini anda paham.

6. Kemangteer dan Kampung Dongeng Indonesia

Komunitas Kemangteer berdiri pada tanggal 6 November 2009 dengan khusus fokus wadah untuk pecinta pohon Mangrove. Terdapat SK pendirian dari YayasanIKAMaT, agar dalam pergerakan maupun aktivitasnya lebih mudah dan cepat terafiliasi.

Terdapat juga Kampung Dongeng Indonesia atau KaDoln yang mana adalah sebuah komunitas yang memiliki gerakan mendongeng demi anak-anak yang ceria, cerdas, dan berkarakter baik. Komunitas ini bersifat terbuka dalam artian semua bisa ikut (anggota umum).

Salah satu acaranya adalah ikut memeriahkan hari Gerakan Satu Juta Pohon. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan anda.

Bagikan ke sosial media:

Recommended For You

yuliartiselli

About the Author: yuliartiselli

Cewek dengan bintang Taurus ini suka berpetualang dan menjelajahi dunia maupun Indonesia, apapun itu. Berpetualang mencari jati diri dan jadi diri sendiri. Suka explore sendiri. Dan untuk dunia kepenulisan, dia sudah menggeluti selama 1 tahun lebih sebagai content writer di berbagai proyek.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

close