Tips Mengatur Keuangan di Masa Pandemi yang Sulit Ini

TIPS, malangpost.id – Kemunculan virus Corona yang kemudian dinyatakan sebagai pandemi banyak mengubah kehidupan manusia. Tidak hanya Indonesia yang terdampak, namun juga seluruh dunia. Pandemi Covid-19 membawa dampak tidak hanya kesehatan, namun juga perekonomian. Bahkan, Indonesia resmi memasuki resesi ekonomi. Hal ini membuat masyarakat menjadi lebih ketat dalam mengatur keuangan di masa pandemi.

Banyak pebisnis yang harus menutup usahanya dan menghentikan banyak pekerja. Sementara bisnis yang masih bisa bertahan melakukan efisiensi, salah satunya dengan pemangkasan jumlah dan gaji karyawan. Alhasil, banyak orang yang kehilangan pekerjaan dan penghasilannya berkurang. Masyarakat harus lebih pandai mengatur keuangan untuk dapat bertahan di tengah ketidakpastian ekonomi saat ini.

Lalu, apa saja tips mengatur keuangan dengan tepat di masa pandemi? Simak beberapa tips yang mungkin bisa Anda terapkan.

1. Buat anggaran

Untuk tips mengatur keuangan pertama, Anda bisa membuat anggaran untuk semua pengeluaran. Baik anggaran harian seperti pengeluaran untuk makan, anggaran mingguan seperti transportasi atau bahan bakar, dan anggaran bulanan seperti listrik, cicilan atau sewa rumah, dan air. Buatlah pos-pos pengeluaran dengan budget yang realistis secara rinci. Usahakan mematuhi pos-pos budget tersebut agar pengeluaran tetap sesuai dengan anggaran.

2. Tentukan skala prioritas

Jika sebelum pandemi Anda mempunyai beberapa pos pengeluaran untuk biaya hidup, hiburan, menabung, dan anggaran untuk orang tua, Anda bisa melakukan modifikasi pos anggaran. Pos hiburan bisa dialihkan untuk simpanan darurat yang bisa menjadi cadangan untuk kebutuhan mendesak tanpa membobol tabungan. Atau Anda bisa mengesampingkan pengeluaran kebutuhan non-primer dan pembayaran yang bisa ditunda.

3. Catat semua pengeluaran

Setelah membuat pos-pos anggaran, Anda bisa mencatat semua pengeluaran. Kumpulkan struk belanja kebutuhan sehari-hari atau pengeluaran lainnya dan catat dalam satu buku. Dengan mencatat pengeluaran, Anda bisa tahu apakah pengeluaran sesuai dengan pos anggaran atau ada pos pengeluaran yang membengkak.  

4. Siapkan tabungan dana darurat

Dana darurat menjadi penting, terutama di saat ketidakpastian ekonomi seperti sekarang ini. Jika belum memiliki tabungan dana darurat, Anda bisa mulai untuk memasukkannya dalam pos anggaran rutin. Dana darurat bisa digunakan jika membutuhkan biaya untuk keperluan mendesak, terkena PHK, atau musibah yang mengakibatkan hilangnya penghasilan.

Disarankan untuk menyisihkan uang untuk tabungan tepat setelah gajian. Anda juga bisa menabung dari sisa pos pengeluaran yang tidak terpakai atau mengumpulkan uang kembalian. Tidak ada angka pasti untuk dana darurat karena berbeda untuk setiap individu. Idealnya, dana daruat sebesar 3-6 kali lipat dari pengeluaran bulanan jika Anda single. Sedangkan untuk yang sudah berkeluarga idealnya memiliki dana darurat sebesar 12 kali dari pengeluaran bulanan.

5. Manfaatkan diskon dan promo

Siapa yang tidak tergoda dengan diskon dan promo? Nah, jika ada kebutuhan yang perlu dibeli, Anda bisa memanfaatkan diskon dan promo untuk mengurangi pengeluaran. Diskon-diskon besar seperti akhir tahun, diskon hari raya, dan hari belanja nasional merupakan saat yang tepat untuk berbelanja. Tapi, jangan tergoda yah! Tetap belanja sesuai kebutuhan agar pengeluaran tidak menjadi overbudget.

6. Cari penghasilan tambahan

Baca juga: Ide Penghasilan Tambahan Untuk Bertahan di Masa Pandemi

Jika penghasilan bulanan belum cukup atau Anda terkena dampak ekonomi seperti pemotongan gaji, Anda bisa mencari penghasilan tambahan. Anda bisa berjualan secara online, menjadi freelancer, atau membuat usaha kecil. Punya hobi memasak? Anda juga bisa lho menjualnya untuk mendapatkan tambahan pemasukan.

Kondisi ekonomi hingga saat ini masih tidak menentu. Karenanya, penting untuk Anda mengatur keuangan di masa pandemi agar cash flow tetap lancar dan terkendali dengan baik. Bahkan, perencanaan keuangan bisa digunakan setelah pandemi berakhir. Hal ini bisa membantu Anda untuk tetap disiplin dalam mengelola keuangan. Semoga bermanfaat! (ds3)

Bagikan ke sosial media:

Recommended For You

desi3

About the Author: desi3

Seorang 'bibiliophile' yang jatuh cinta dengan Himalaya dan fans berat warna biru. ~ travel to fulfill your soul ~

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *