Hijabers, Ini Cara Merawat Rambut yang Tepat

KECANTIKAN, Malangpost.id – Perawatan rambut wanita yang mengenakan hijab atau hijabers dengan wanita yang tidak mengenakan hijab tentu berbeda.

Meskipun penggunaan hijab dapat melindungi rambut dari panas dan asap polusi, namun rambut yang ditutupi hijab atau jilbab lebih mudah untuk berkeringat dan lepek.

Kondisi rambut yang seperti itu dapat memicu bakteri dan kuman sehingga dapat membuat rambut menjadi berketombe.

Berikut Malangpost.id akan merangkum beberapa tips untuk merawat rambut bagi wanita berhijab:

Hijabers, keramas rutin sesuai kebutuhan rambut

Keramas merupakan hal yang paling dasar dalam upaya merawat rambut. Banyak permasalahan 

iklan-dinas-kominfo

yang terjadi pada rambut akibat proses keramas yang kurang tepat.

Wanita berhijab memiliki kewajiban untuk menutup rambut selama beraktivitas di luar rumah. Oleh sebab itu rambut menjadi rentan lembab dan lepek.

Perawatan bagi setiap kondisi rambut pun berbeda. Untuk rambut kering atau rusak, sebaiknya menggunakan produk shampo yang dapat menutrisi dan melembabkan. Sedangkan untuk rambut berminyak, sebaiknya seringlah untuk keramas agar rambut tidak mudah berminyak dan lepek.

Sisir rambut sebelum keramas

Keramas dengan kondisi rambut yang masih kusut dapat menyebabkan rambut menjadi rontok. Alangkah baiknya sebelum keramas untuk menyisir rambut terlebih dulu agar keramas menjadi lebih mudah.

Keringkan rambut sebelum memakai hijab

Memasang hijab dengan kondisi rambut yang basah merupakan hal yang patut dihindari. Lantaran saat rambut dalam kondisi basah kulit kepala menjadi lunak sehingga dapat menyebabkan rambut rontok. 

Hal tersebut juga dapat membuat rambut menjadi lepek dan bau. Sebaiknya tunggu hingga rambut benar-benar kering kemudian baru menggunakan hijab.

Menjaga kebersihan ciput dan hijab

Selain merawat rambut, menjaga kebersihan ciput dan hijab juga merupakan hal yang penting. Apalagi saat mengenakan hijab pasti terasa lebih gerah dan berkeringat. Jarang mengganti ciput dan hijab dapat membuat rambut menjadi beraroma tidak sedap dan memunculkan kuman pemicu ketombe. 

Longgarkan ikat rambut

Mengikat rambut dengan kencang dapat membuat rambut menjadi mudah rontok karena akar rambut yang tertarik. Mengikat rambut secara terus-menerus juga dapat membuat rambut rapuh dan mudah patah. Lepaskanlah ikat rambut setelah selesai menggunakan hijab.

Gerai rambut saat tidak mengenakan hijab

Menggerai rambut setelah seharian beraktivitas menggunakan hijab merupakan upaya untuk mengistirahatkan rambut. Pasalnya rambut juga perlu untuk istirahat setelah diikat selama berjam-jam.

Pilih bahan kain hijab yang nyaman

Beberapa hijab terbuat dari kain yang kurang nyaman yang tidak mengalirkan sirkulasi udara dan menyerap keringat. Pilihlah bahan hijab dengan kain yang lembut sehingga lebih nyaman untuk beraktivitas.

Bagikan ke sosial media:

Recommended For You

Tsamara

About the Author: Tsamara salwa

1 Comment

  1. I wanted to thank you for this great read!! I definitely enjoying every little bit of it I have you bookmarked to check out new stuff you post…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Kunjungi Alamat Baru Kami

This will close in 0 seconds