Kuliah Jurnalistik, Serba Serbi dan Keilmuannya

KAMPUS, malangpost.id – Dilansir dari Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), Jurnalistik adalah hal yang menyangkut kewartawanan dan persuratkabaran atau seni kejuruan yang bersangkutan dengan pemberitaan dan persuratkabaran.Dengan menjadi seorang jurnalis, kamu akan mengetahui informasi-informasi terkini atau kondisi terkini dalam negeri maupun dari seluruh dunia.

Jurnalis adalah pekerjaan yang sangat keren dan menyenangkan karena kamu dapat bepergian untuk meliput suatu informasi. Bagaimana sih cara untuk menjadi jurnalis? Salah satunya adalah dengan belajar di perguruan tinggi, khususnya jurusan Jurnalistik. Kira-kira, pelajaran apa saja ya yang bisa kita dapat saat masuk juruan ini? Simak artikel berikut ini untuk mengenal lebih dalam tentang serba serbi jurusan jurnalistik.

Banyak yang bisa kamu pelajari dari jurusan ini. Jurnalistik merupakan turunan dari jurusan Ilmu Komunikasi, tentu kamu akan banyak belajar tentang teori komunikasi. Mata kuliah yang akan kamu tempuh adalah bahasa jurnalistik, penulisan berita, pengantar ilmu jurnalistik, broadcasting, jurnalistik foto, jurnalistik radio, jurnalistik televisi, dan masih banyak lagi. Kamu juga akan mempelajari teknik wawancara dan hukum dalam pers! Menarik banget, kan?

Jurusan Jurnalistik Dituntut Jadi Mahasiswa yang Teliti, Detail, Kritis, Rasional dan Berwawasan Luas

Dengan masuk jurusan jurnalistik, kamu dituntut jadi mahasiswa yang teliti, detail, kritis, rasional, dan berwawasan luas. Tentunya, kamu harus banyak membaca nih supaya bisa tahu informasi kini yang terjadi.

Kemampuan menganalisis dan riset kamu juga diuji disini. Memang banyak yang harus dipelajari, karena saat turun ke lapangan saat bekerja nanti, banyak rintangan yang harus dihadapi.

Kamu akan sering berada di lapangan daripada di kantor. Wawancara narasumber dan bertemu banyak orang akan menjadi makanan sehari-hari. Tenang saja, kalau memang kamu menyukainya dan benar-benar berniat untuk belajar, jurusan jurnalistik tidak akan menjadi berat.

Lalu, apa sih prospek kerja untuk lulusan jurusan jurnalistik? Jangan khawatir, banyak banget profesi yang bisa kamu pilih! Mulai dari penyiar berita, pengarah acara televisi, fotografer, wartawan, editor tulisan, penulis, dan operator kamera. Kamu juga bisa menjadi produser TV atau film, loh! Keren banget, kan?

Di Indonesia, kampus yang menyediakan jurusan jurnalistik untuk mahasiswa adalah Universitas Padjajaran, Universitas Multimedia Nusantara, Universitas Esa Unggul, dan masih banyak universitas lainnya. Nah, itu dia serba serbi jurusan kuliah jurnalistik. Semoga dengan adaya artikel ini, kamu gak lagi penasaran tentang jurusan ini, ya!

Bagikan ke sosial media:

Recommended For You

Betsy

About the Author: Betsy Prajna

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *