Canggih! Ini 10 Teknologi Buatan Indonesia untuk Lawan Covid

TEKNOLOGI, Malangpost.id – Satu tahun lebih pandemi menerpa Indonesia. Banyak usaha yang sudah dilakukan untuk menekan laju pandemi. Inovasi terus dikembangkan untuk lawan covid.Berikut teknologi buatan Indonesia untuk lawan covid.

1. Genose

Metode Genose adalah metode skrining covid melalui hembusan nafas yang dikombinasikan dengan teknologi Artificial Intelligent. Genose dipercaya dapat mendeteksi covid sejak dini dengan nyaman.

2. i-Nose

Dikembangkan di Institut Teknologi Sepuluh Nopember, i-Nose c-19 adalah alat pendeteksi covid 19 dengan media bau keringat atau axillary sweat odor.

3. Mobile Lab Biosafety Level 2

Inovasi ini dikembangkan oleh BPPT untuk melakukan pengujian sampel terduga Covid-19 secara mobile.

4. Ventilator Portable Vent-i

Sama dengan teknologi sebelumnya, ventilator portable vent-i juga dikembangkan oleh BPPT. Portable ventilator ini berbasis bagging bag (ambu bag) yang berfungsi sebagai alat bantu pernapasan.

5. Emergency Ventilator

Emergency Ventilator dikembangkan oleh Institut Teknologi Sepuluh Nopember, dengan tujuan membantu pasien yang membutuhkan ventilator di rumah sakit yang kehabisan ruangan dengan ventilator.

6. Ventilator Transport Convent-20

Ventilator Transport Lokal yang dilabeli dengan nama Covent-20 adalah inovasi yang dikembangkan oleh Universitas Indonesia, dengan tujuan menjadi alat bantu pernapasan bagi pasien yang membutuhkan.

Baca juga : 5 Manfaat Madu untuk Kesehatan Selama Pandemi Covid-19

7. Ozon Nanomist

Balai Pengembangan Instrumentasi LIPI mengembangkan ozon nanomist. Ozon Nanomist adalah disinfektan berupa butiran uap air yang mengandung ozon nanobubble water. Kemudian uap air akan mematikan virus dan bakteri di udara serta di permukaan benda.

8. Autonomous UVC Mobile Robot (AUMR)

Inovasi ini dikembangkan oleh LIPI dan Telkom University. Teknologi ini berupa robot yang mampu melakukan disinfeksi dan sterilisasi pada ruang isolasi pasien Covid-19 tanpa campur tangan manusia, sehingga dapat meminimalisir penularan Covid-19 terhadap petugas atau tenaga medis.

9. Medical Robot Assistant Raisa

Lagi-lagi teknologi ini dikembangkan oleh ITS. Teknologi ini berupa robot asisten rumah sakit yang dapat membantu negara dan masyarakat dalam penanganan Covid-19. Robot RAISA HCU mampu untuk membantu tenaga medis dalam mengantarkan makanan, minuman, obat, barang pribadi milik pasien, dan komunikasi dua arah antara pasien dan tenaga medis.

Baca juga : Covid Varian Baru Mengganas, IDI Minta PSBB Diperketat

10. Lemari Kabinet Sterilisator UV-C

Teknologi ini berupa lemari pintar yang dilengkapi pemanas dan lampu UV-C, yang difungsikan untuk mensterilkan barang-barang yang ada di sekitar lemari tersebut.Nah, diatas adalah teknologi yang dikembangkan oleh anak bangsa untuk mengatasi COVID19. Semoga pandemi cepat berakhir sehingga kita bisa beraktivitas dengan normal. Semoga bermanfaat, cheers!

Bagikan ke sosial media:

Recommended For You

Rida

About the Author: Rida Bawa Carita

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *