Pelajari Teknik Dasar Dribbling Dalam Permainan Bola Basket

Anda suka menonton pertandingan basket? Ingin mencoba olahraga yang satu ini? Yuk, ketahui dan pelajari teknik dribbling sebelum mencoba!

OLAHRAGA, malangpost.id – Untuk bisa bermain basket, salah satu yang perlu dipelajari pertama kali adalah teknik dribble.  Teknik ini merupakan teknik dasar yang wajib dikuasai oleh setiap pemain basket. Dribbling atau dribble dalam permainan bola basket adalah gerakan pebasket memainkan bola menggunakan satu tangan dengan baik dan benar di lapangan.

Ada banyak jenis dribbling, diantaranya spin, behind the back, dan crossover. Berikut beberapa langkah dan teknik dasar dribbling dalam basket yang bisa Anda pelajari!

1. Pegang bola dengan jari-jari, bukan tangan

Apakah Anda pernah mencoba memantulkan bola dengan telapak tangan? Nah, ini kesalahan yang sering dilakukan oleh para pemain basket amatir. Memegang bola basket seharusnya dengan cara membuka jari-jari tangan dengan lebar.

Hal ini bertujuan agar Anda bisa menjangkau lebih banyak bagian bola sehingga lebih stabil dalam mengontrol bola. Posisikan jari-jari Anda dengan rileks agar bisa lebih ‘menempel’ di permukaan bola.

2. Gunakan ujung jari untuk mengontrol bola

Saat bermain basket, Anda diharuskan berlari ke arah kanan atau kiri sambil membawa bola dengan stabil sekaligus melakukan dribble secara cepat atau lambat. Gunakan ujung jari Anda untuk memudahkan mengontrol dan memantulkan bola.

3. Posisikan tubuh sedikit turun

foto: athleticstuff.com

Ini dia teknik dribbling lain yang perlu Anda perhatikan. Saat melakukan dribble, jangan posisikan tubuh secara tegak lurus. Hal ini membuat bola butuh waktu lebih banyak untuk memantul dari lantai ke tangan. Selain itu, lawan bisa dengan mudah mencuri bola dari tangan Anda.

Sebaliknya, turunkan posisi tubuh Anda dengan sedikit menekuk lutut. Dengan posisi ini, tubuh Anda lebih siap menerima serangan dari lawan. Perlu diingat juga, jangan menekuk pinggang seperti orang membungkuk, yah! Posisi ini justru akan membuat pinggang mudah cedera.

4. Pantulkan bola ke lapangan/lantai

Ini dia gerakan utama dari teknik dribbling, memantulkan bola ke lapangan atau lantai. Anda perlu menggunakan ujung jari tangan yang lebih dominan untuk memusatkan kekuatan tangan saat memantulkan bola.

Pantulkan bola dengan kuat dan lakukan gerakan dribble dengan cepat, namun tetap stabil dan terkontrol. Gunakan jari dan bantuan dari pergerakan pergelangan tangan dan lengan bagian bawah saat memantulkan bola di samping depan kaki yang berada di sisi sama seperti sisi tangan yang melakukan dribble.

5. Lindungi bola

foto: inspirationalbasketball.com

Agar tidak mudah diambil lawan saat melakukan dribbling, Anda harus melindungi dan memastikan bola tidak bisa direbut lawan. Anda bisa melakukannya dengan dua cara. Yang pertama dengan mengangkat lengan Anda yang sedang tidak digunakan untuk dribbling sebagai perlindungan.

Yang kedua, posisikan bola di sisi yang berseberangan dengan lawan. Lakukan dengan sedikit membungkukkan tubuh atau berbalik. Hal ini membuat bola terlindungi oleh punggung Anda.

6. Mengarahkan mata ke depan

Mungkin Anda juga mengalami hal ini saat baru bermain basket, mengarahkan pandangan ke bola saat melakukan dribble. Sebenarnya, hal yang tepat dilakukan adalah mengarahkan mata ke lapangan. Dengan cara ini, Anda bisa mengetahui pergerakan lawan maupun teman satu tim.

7. Lakukan dribbling bola secara bergantian

Peraturan dalam bola basket mengharuskan pemain hanya boleh melakukan dribble menggunakan satu tangan. Anda perlu belajar melakukannya menggunakan kedua tangan, kanan dan kiri. Sehingga Anda bisa memantulkan dan memindahkan bola secara bergantian.

Itu tadi beberapa teknik dribbling dalam gerakan bola basket. Teknik dasar ini perlu Anda kuasai untuk bermain basket. Jika sudah lebih mahir, Anda bisa lebih mudah menguasai teknik basket lainnya, seperti rebound, shooting, dan passing. Selamat berolahraga! (ds3)

Bagikan ke sosial media:

Recommended For You

desi3

About the Author: desi3

Seorang 'bibiliophile' yang jatuh cinta dengan Himalaya dan fans berat warna biru.~ travel to fulfill your soul ~

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

close