9 Gerakan Olahraga Ringan Ini Bisa Mengurangi Stres Lho!

GENERAL, Malangpost.id – Jam kerja yang tinggi membuat kita harus berlama-lama duduk didepan computer atau laptop. Akibatnya, punggung kita jadi sakit, mata lelah, dan bisa juga berakhir membuat kita suntuk bahkan stres karena pekerjaan.

Dilansir malangpost.id dari Anxiety and Depression Association of America, selain meningkatkan kebugaran pada tubuh,olahraga juga dapat meningkatkan mood, konsentrasi, dan fungsi kognitif keseluruhan.

Berikut ini 9 gerakan olahraga ringan yang bisa mengurangi stres.

Jumping Jacks

Kalau kamu sering workout, pasti udah gak asing dengan gerakan ini. Cara melakukannya cukup sederhana, tegakkan kedua kakimu saat berdiri lalu kedua kaki melompat keluar secara bersamaan dan kemudian kembali ke posisi semula. Gerakan jumping jacks dapat melatih kekuatan seluruh otot tubuh, meningkatkan kesehatan jantung, dan memperkuat tulang, dilansir dari hellosehat.

Chair Squats

Olahraga ringan ini memiliki banyak manfaat, diantaranya dapat membakar kalori, memperkuat otot tubuh bagian bawah, dan memperkuat otot inti. Gerakannya cukup sederhana, kamu harus duduk lalu berdiri. Lakukan berulang-ulang dan tidak perlu terlalu cepat.

Bicycle Crunch

Baringkan tubuhmu di lantai dengan posisi telentang dengan kedua tangan di belakang kepala. Selanjutnya, angkat kedua kaki bersamaan seperti sedang mengayuh pedal sepeda. Verywellfit menyatakan, bicycle crunch memiliki manfaat untuk mengencangkan peurt dan paha.

Lunges

Dilansir dari halodoc, lunges dapat membuat paha kamu kencang dan kuat, loh. Tetapi, tentunya kamu harus melakukannya dengan benar. Taruh kedua tangan di pinggang dan berdiri tegak. Langkahkan kaki kanan ke depan dan turunkan tubuh sampai lutut kaki depan menekuk 90 derajat. Tahan di posisi itu selama beberapa hitungan dan kembali ke posisi semula. Lakukan selama beberapa kali ya.

Glute Bridge

Berbaringlah dengan posisi telentang, tekuk lutut ke atas sehingga telapak kaki di lantai. Tahan dalam posisi ini sampai otot inti tetap aktif. Gerakan ini dapat membantu meningkatkan vitalitas otot-otot tulang belakang yang dapat memperbaiki poster. Kekuatan punggung bawah pun akan bertambah, dilansir dari Healthline.

Wall Sit

Gerakan wall sit atau duduk bersandar pada tembok dapat menguatkan otot kaki dan perut. Berdirilah sekitar setengah meter dari tembok, hadapkan punggung ke tembok. Geser punggung ke bawah menempel pada tembok dengan posisi kaki menekuk 90 derajat, seperti sedang duduk.

Side Leg Lift

Dilansir dari Healthline, mulailah dengan tangan di depan dan bertumpu pada pinggul. Tarik napas saat mengangkat kaki kanan ke atas dari lantai dengan posisi kaki tertekuk. Tarik napas dan pindahkan beban ke kaki kiri kamu.

Pose Yoga Balasana (Pose Anak)

Supaya tetap rileks, kamu juga bisa mencoba beberapa pose yoga. Salah satu pose yoga yang membuat kamu makin rileks adalah pose anak atau balasana. Mulailah dengan posisi berlutut,  letakkan bagian pantat diatas telapak kaki. Bungkukkan tubuh dan tempelkan perut ke paha. Lalu, biarkan keningmu menempel pada alas.

Pose Yoga Adho Mukha Savasana

Dikutip dari Kushi Yogalaya, pose ini dapat membantu menghilangkan rasa sakit dan kaku pada kaki. Radang sendi pada sendi bahu juga akan berkurang. Selain itu, pose ini juga bisa membuat kamu merasa lebih bersemangat. Berdiri tegak dan letakkan tangan di depan lutut dengan posisi lutut dan siku membentuk huruf v terbalik.

Nah, ini dia 9 gerakan olahraga ringan yang bisa mengurangi stres. Jangan lupa sempatkan waktu untuk berolahraga disela-sela kegiatanmu untuk meningkatkan kebugaran dan menurunkan risiko stres.

Bagikan ke sosial media:

Recommended For You

Betsy

About the Author: Betsy Prajna

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *