Cara Mengatasi Overthinking di Masa Pandemi Ini

Overthinking mulu, rileksnya kapan?

LIFESTYLE, malangpost.id- Setiap orang pasti tidak suka dengan ketidakpastian. Salah satu hal ketidakpastian yang muncul di masa ini adalah Pandemi akibat Covid-19. Siapa yang tidak menyangka, virus yang menyebar hampir di seluruh dunia ini, membawa dampak yang tidak mengenakkan.

Salah satu hal yang muncul akibat Covid-19 ini adalah kita harus melakukan social distancing, dan asal kalian ketahui bahwa akibat dari kebiasaan baru tersebut memunculkan overthinking. Hampir semua orang merasakan hal ini.

Cara mengatasinya aslinya mudah, tetapi kembali lagi kepada pribadi masing-masing. Seberapa besar overthinking yang mereka alami dan cara yang cocok dalam mengatasi overthinking itu seperti apa. Untuk itu, kali ini rubrik akan membahas tentang cara mengatasi overthinking di masa pandemi ini.

Simak yuk!.

1. Pertama, Kendalikan Diri Anda Terlebih Dahulu

Setiap orang memiliki kendali dalam masing-masing pribadi. Sehingga hal-hal yang dialami seseorang bisa terkontrol sesuai kehendaknya. Begitu juga, dengan sifat overthinking. Sudahkah anda merasa bisa mengatasi kecemasan dan sifat tersebut?. Overthinking merupakan gejala yang harus diatasi.

Jadi mulai sekarang, cobalah untuk bisa mengendalikan dan mengontrol diri terhadap emosi ini. Kecemasan yang tidak diatasi terlalu serius membuat hal tersebut semakin menjadi-jadi. Jadi coba tarik napas dalam-dalam dan hemtakkan. Pikiran anda biarkan tenang dan rileks. Semoga berhasil.

2. Jangan Membandingkan Situasi Sekarang dengan Situasi Sebelumnya

Nah, ini cara mengatasi overthinking lainnya yang dijamin cukup ampuh. Yap, jangan suka membandingkan keadaan sekarang dengan keadaan yang sebelumnya. Anggap saja, ini seperti proses move on yang perlu dilakukan.

Walaupun tidak bisa dilupakan, anda harus tetap berjalan ke depan. Memang tidak bisa melupakan keadaan sebelumnya, tetapi cukuplah kondisi kemarin dijadikan kenangan dan bisa dijadikan pembelajaran untuk menyesuaikan ke kebiasaan (situasi) yang baru.

3. Selalu Mencoba untuk Positive Thinking

Hal ini perlu tidak hanya pada masa pandemi saja, tetapi untuk semua keadaan walaupun catatatn jangan terlalu positive thinking sih. Gunanya berpikir positif adalah memberikan stimulus ketenangan dan memunculkan sisi positif kebahagiaan dalam diri sendiri.

Jika anda bisa berpikir secara positif, maka anda akan bisa meminimalisir overthinking yang datang bahkan bisa mengatasi overthinkingnya. Nikmati aktivitas sebaik mungkin dan berusahalah untuk enjoy. Lakukan hobi sesuka anda saat WFH atau sedang melakukan social distancing. Siapa tahu cocok.

4. Mencari Sisi Positif di Masa Pandemi Ini

Pasti setiap hal ada sisi positif maupun negatifnya. Begitu juga dengan masa pandemi ini, akibat Covid-19 ini. Nah, untuk mengatasi overthinking saat masa tersebut, anda bisa mencari sisi positif adanya virus Covid-19 ini. Entah dari hikmahnya, kebiasaan barunya, dan lain-lain.

Contoh yang bisa anda ambil adalah saat WFH, anda bisa bermain juga dengan anak maupun keluarga. Selain itu bisa bekerja sambil refreshing di rumah. Siapa tahu, anda bekerja di luar kota dan jarang pulang saat pandemi belum datang. Jadi ambil positifnya saja.

5. Temukan Cara Baru dalam Mengatasi Overthinking di Era New Normal

Nah, jika era nya sudah baru alias kebiasaannya baru maka anda pasti menemukan hal yang baru juga. Entah hasil dari berpikir kreatif maupun mencoba inovatif. Sebelum pandemi datang, pasti banyak hal yang harus anda lakukan di luar rumah maupun ruangan.

Dengan niat memenuhi kebutuhan maupun keinginan semata. Tetapi dengan era new normal ini, anda diharuskan membatasi diri untuk pergi ke luar mengatasi suatu hal kan?. Sehingga rasanya ruang gerak menjadi sempit, terlebih lagi jika anda seseorang yang suka berkelana. Hmm, pasti tersiksa.

Jangan khawatir, anggap saja hal tersebut tidak bisa membatasi gerak gerik anda. Jadi ayo olah pikir, pikirkan dan cari cara bagaimana anda tidak bosan di era new normal ini, dan pastikan anda bisa mencari cara lain dalam menikmati kebiasaan anda sebelumnya. Dicoba yah, siapa tahu bisa.

Nah, itulah beberapa hal yang bisa anda lakukan untuk mengatasi overthinking di masa pandemi ini. Selain aksi saja tidak cukup tanpa diimbangi dengan pola pikir dan otak yang sehat. Sehingga mental dan kesehatan anda terjaga. Salam bahagia.

Bagikan ke sosial media:

Recommended For You

yuliartiselli

About the Author: yuliartiselli

Cewek dengan bintang Taurus ini suka berpetualang dan menjelajahi dunia maupun Indonesia, apapun itu. Berpetualang mencari jati diri dan jadi diri sendiri. Suka explore sendiri. Dan untuk dunia kepenulisan, dia sudah menggeluti selama 1 tahun lebih sebagai content writer di berbagai proyek.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

close