Karir Atau Passion? Anda Pilih Mana?

Pilih karir atau passion? Yang manakah pilihan Anda?

KARIR, malangpost.id – Seringkah Anda mendengar pertanyaan ini? Atau justru pertanyaan ini kerap ada dalam pikiran Anda selama ini? Tidak dipungkiri, banyak yang menginginkan karir sesuai passion. Walaupun mungkin tidak semua bisa melakukannya. Dan masih banyak yang bingung untuk memilih karier atau bekerja sesuai minat dan hobi.

Bisa jadi, Anda terpaksa memilih suatu pekerjaan karena jaminan finansial  yang ditawarkan, tapi tidak sesuai dengan minat Anda. Sehingga, dalam perjalanan waktu, Anda merasa bosan dan terjebak dengan rutinitas. Yang akhirnya Anda tidak menikmati pekerjaan.

Apakah ini artinya Anda tidak bekerja sesuai passion? Anda mungkin menjadi sering bertanya-tanya, haruskah berhenti dari pekerjaan saat ini dan mencari pekerjaan baru?

Untuk Anda yang saat ini sedang mempertimbangkan ingin keluar dari karir saat ini dan mengejar passion, berikut kelebihan dan kekurangan memilih karir atau passion yang bisa jadi pertimbangan Anda.

Keuntungan bekerja sesuai passion

Apakah Anda mengharapkan dapat bekerja sesuai minat dan hobi? Tentunya, menyenangkan bukan, jika Anda selalu bersemangat dalam bekerja? Pekerjaan akan terasa lebih mudah karena Anda melakukannya dengan banyak energi positif.

Berikut beberapa keuntungan bekerja sesuai passion:

Lebih puas dan menghargai hasil yang diperoleh

Mendapatkan hasil dari bekerja adalah suatu hal yang pasti. Akan berbeda jika Anda mendapatkan hasil berupa pendapatan atau perasaan senang yang didapat dari pekerjaan sesuai dengan keinginan.

Anda tahu penghasilan yang didapatkan tidak besar, tapi ada kepuasan dan kebanggan tersendiri dari pekerjaan yang telah dilakukan. Anda juga akan lebih bersemangat untuk terus berkarya.

Terhindar dari stress

Saat mengerjakan hal yang Anda suka, Anda tidak akan terbebani dengan banyaknya pekerjaan yang harus diselesaikan. Rasanya seperti Anda sedang menyalurkan hobi yang membuat batin bahagia. Selain itu, Anda juga dituntut untuk mengatur waktu lebih baik untuk menyelesaikan pekerjaan.

Ide dan kreativitas lebih mengalir

Jika Anda merasa bosan dan stress dengan pekerjaan yang tidak sesuai dengan hati Anda, hal ini akan yang mempengaruhi mood. Dengan mood yang naik turun, kreativitas seseorang bisa mengganggu.

Bekerja sesuai passion membuat seseorang terus semangat dalam bekerja. Karenanya, ide dan kreativitas akan lebih mudah mengalir. Hal ini membuat kinerja Anda lebih optimal.

Kekurangan dalam mengejar passion

Selain ada beberapa keuntungan jika mengerjakan pekerjaan sesuai minat, tentu ada kekurangan yang menjadi pertimbangan beberapa orang. Dalam mengejar passion, Anda perlu memulai segala sesuatu dari awal. Bisa jadi, beberapa orang meremehkan pekerjaan atau bisnis yang sedang Anda rintis.

Selain itu, Anda terpaksa harus mengerjakan semua pekerjaan sendiri. Mengejar passion mungkin juga tidak bisa menghasilkan uang dengan cepat. Bisa jadi, Anda hanya akan memiliki penghasilan yang minim selama beberapa waktu.

Anda harus jeli mengatur keuangan karena pendapatan yang diterima pas-pasan atau tidak tetap. Dan untuk bisa terus mendapatkan penghasilan, Anda harus berusaha lebih keras dari orang lain. Anda juga perlu terus mengasah kemampuan agar tetap bisa bersaing ketat dengan orang lain.

Pilih karir, ini kelebihannya

Satu hal yang menjadi keuntungan paling besar memilih karir dan menjadi pekerja, Anda mendapatkan penghasilan tetap yang lebih besar. Selain itu, Anda tidak perlu repot dan bingung memikirkan cara bagaimana menghasilkan pendapatan. Dengan penghasilan tetap, Anda bisa mengatur pengeluaran rutin dan lainnya dengan jelas.

Selain gaji tetap, beberapa perusahaan juga memberikan benefit lain seperti penggantian pengobatan, akomodasi, dan tunjangan hari tua. Keuntungan lainnya memilih karir dibandingkan passion, membuka peluang jenjang karir yang lebih besar. Bekerja dan memilih karir juga membuat Anda berusaha keras untuk bisa mempertahankan pekerjaan.

Kekurangan memilih karir dibandingkan passion

Bekerja tidak sesuai minat dan hobi tentu ada kekurangannya. Sebagai karyawan, Anda harus mematuhi peraturan perusahaan yang bahkan kerap tidak bisa ditawar.  Seseorang juga mungkin harus tunduk dan patuh terhadap atasan dan sukar memberikan ide atau masukan.

Selain itu, ada persaingan yang ketat dengan pegawai lain dan jam kerja yang di luar batas. Bahkan, ada beberapa pekerja yang membawa pekerjaan ke rumah dan bekerja hingga larut. Hal ini tentunya bisa mengganggu kehidupan pribadi dan kesehatan.  Boleh jadi, sebagian orang merasa hidup hanya demi memenuhi kebutuhan materi.

Karir atau passion?

Hidup adalah pilihan. Begitu juga dengan pilihan karir atau passion. Untuk benar-benar mendapatkan pilihan yang tepat, Anda harus mengetahui dengan baik tentang diri Anda sendiri. Apakah Anda tipe yang lebih suka dan merasa nyaman bekerja secara teratur?

Jika ya, maka karir walaupun tidak sesuai dengan minat bisa jadi pilihan Anda. Tentu, Anda bisa mencari pekerjaan yang memberikan ruang untuk berkembang agar Anda tidak merasa bosan dan terjebak dalam rutinitas.

Mengembangkan suatu keterampilan juga bisa mengarah pada kepuasan karir serta peningkatan dalam gaji dan karir. Atau Anda bisa memilih berkarir untuk jaminan finansial  dan menjalankan passion sebagai hobi atau pekerjaan tambahan.  

Bagi Anda yang lebih suka menikmati pekerjaan dengan waktu yang lebih santai dan tidak stress, mengejar passion bisa jadi pilihan yang pas. Tentunya bukan hal yang mudah serta memerlukan waktu dan usaha yang lebih keras agar Anda bisa mendapatkan penghasilan yang sesuai dengan keinginan. Dan kadang, semua tidak berjalan semudah yang dibayangkan.

Namun, setiap pekerjaan memiliki suka dan duka masing-masing. Pertimbangkan dengan baik langkah apa yang akan Anda ambil. Apapun karir di masa pandemi yang Anda pilih, jalani dengan sebaik-baiknya dan nikmati dengan penuh rasa syukur. (ds3)

Bagikan ke sosial media:

Recommended For You

desi3

About the Author: desi3

Seorang 'bibiliophile' yang jatuh cinta dengan Himalaya dan fans berat warna biru. ~ travel to fulfill your soul ~

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *