Ini Urutan Bahasa Tersulit di Dunia, Indonesia Masuk Tidak Ya?

FEATURES, malangpost.id  Bahasa adalah salah satu aspek penting untuk dapat menjelajahi dunia. Penguasaan bahasa baru membuka peluang dalam banyak hal, seperti karier, pertemanan, hingga berwisata. 

Selain itu, menguasai bahasa asing membuat Anda memiliki banyak nilai tambah. Sebab tidak semua orang bisa menguasai sejumlah bahasa lantaran tingkat kesulitannya yang cukup menantang. 

Beberapa bahasa asing terkadang memang sulit dibandingkan bahasa lainnya. Namun, tingkat kesulitan ini tergantung dari lidah masing-masing penuturnya. Adapun peringkat bahasa tersulit di dunia berikut ini tidak universal.  

Artinya bahasa tersulit orang Indonesia akan berbeda dengan bahasa tersulit orang Inggris dan negara lainnya. Akan tetapi, secara umum berikut bahasa tersulit di dunia yang cukup menjadi tantangan untuk dikuasai.  

Bahasa Indonesia termasuk tidak ya? Yuk disimak informasinya. 

1. Bahasa Jepang 

Hayo siapa yang tidak salut dengan kebudayaan orang Jepang yang begitu disiplin? Tidak heran kalau warga Jepang cerdas dan memiliki produktivitas yang tinggi. Nah kalau bahasa Jepang ini seperti apa ya? 

Bahasa Jepang sering kali dianggap sebagai bahasa yang sangat sulit untuk dipelajari. Oleh karenanya, bahasa Jepang berada pada urutan pertama bahasa tersulit di dunia. Meskipun terlihat sederhana, tetapi nyatanya bahasa Jepang sangat kompleks lho! 

Anda akan sangat sulit belajar bahasa Jepang dengan hanya mengikuti tutorial pada buku saja. Apalagi jika harus mencoba membacanya, tidak mudah sebagai pemula untuk belajar bahasa ini. 

Aksara Jepang yang terkenal adalah Hiragana, Katakana, dan Kanji. Dengan menjunjung huruf asli Jepang tersebut, mereka jarang menulis menggunakan huruf romawi. Selain itu, alasan lain yang menjadikan bahasa Jepang sebagai bahasa tersulit di dunia adalah karena struktur kalimatnya yang sulit. Struktur kalimat dalam bahasa Jepang terlihat membingungkan dan sangat berbeda dengan struktur kalimat bahasa lain. 

2. Bahasa Rusia 

Bahasa tersulit nomor dua adalah bahasa Rusia. Rusia ini mendapat predikat bahasa paling sulit karena sistem alfabet yang berbeda dari bahasa pada umumnya. Penggunaan alfabet Rusia dikenal dengan nama alfabet Cyrilic. 

Bagi pemula, banyaknya alfabel Rusia sangat memusingkan untuk dipelajari. Selain itu, intonasi kata dalam bahasa Rusia pun sangat sulit dimengerti dan membingungkan. Sebab, tidak ada aturan khusus yang membedakan satu kata dengan kata lainnya. 

Alhasil seluruhnya mesti dipelajari. Alasan lainnya adalah kata-kata bahasa Rusia sangat mudah berbuah dan fleksibel tergantung pada konteks kalimatnya. Ditambah lagi dengan penggunaan kata kerja dalam tata bahasa Rusia menjadikan bahasa ini sangat sulit dikuasai. 

3. Bahasa Arab 

Menguasai bahasa Arab menjadi tantangan tersendiri. Walaupun alfabet bahasa Arab hanya 28 huruf yang sering disebut sebagai huruf hijaiyah, huruf-huruf tersebut selalu berubah bunyi ketika berada di dekat huruf lain di sekitarnya. 

Selain itu, kesulitan kata dalam bahasa Arab diakui menjadi suatu seni karena penulisannya diawali dari sisi kanan ke kiri. Selain itu, intonasi pelafalan bahasa Arab juga memiliki aturannya tersendiri. 

Sekadar informasi, bahasa Arab menjadi bahasa dalam sekitar 20 negara. Akan tetapi, setiap negara satu dengan negara lain memiliki dialek pelafalan yang berbeda-beda. Jadi meskipun sama-sama berbahasa Arab bisa jadi makna yang diterima berbeda. 

4. Bahasa Jerman 

Selanjutnya bahasa tersulit nomor empat adalah bahasa Jerman. Bahasa Jerman memiliki aturan untuk kata kerja dan kata benda. Selain itu, bahasa ini memiliki infleksi kata yang berbeda untuk jenis yang berbeda. Artinya penggunaan bahasa di sana memiliki aturan kompleks jika ingin dipelajari. 

Bahasa Jerman memiliki kalimat infinitif yang memungkinkan pemelajarnya untuk menciptakan rangkaian panjang verba. Hal ini disebabkan oleh kata kerja tersebut terletak pada akhir kata sehingga menimbulkan ragam bahasa yang panjang. 

5. Bahasa Mandarin 

Kali ini bahasan terakhir tentang bahasa tersulit di dunia adalah bahasa Mandarin. Bahasa ini memiliki cara penulisan yang cukup sulit untuk dikuasai. Misalnya saja mengenai tekanan penulisan huruf akan memiliki makna yang berbeda. 

Selain itu, bahasa Mandarin memiliki empat ragam nada yang berbeda ketika diucapkan. Nah homofon (pengucapannya sama tetapi artinya berbeda) seperti bahasa Indonesia juga ditemukan dalam bahasa Mandarin. 

Nah itulah lima bahasa tersulit di dunia. Indonesia masuk nomor berapa jadinya? Menurut sumber informasi intinya Indonesia bukan termasuk dalam lima bahasa paling sulit di dunia. 

Tak heran orang luar negeri cukup mudah melafalkan bahasa Indonesia dan memang cenderung gampang untuk dipelajari. Menurut Anda bagaimana? 

Bagikan ke sosial media:

Recommended For You

Ira

About the Author: Ira Gusmiarti

Content writer yang menyukai belajar hal baru. Saat ini mulai membagikan insight menarik melalui tulisan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

close