Mengenal Cara Kerja Kapal Selam. Seperti Apa Sih?

Mengenal Cara Kerja Kapal Selam           

FEATURES, malangpost.idBanyak kasus kapal selam yang hilang entah karena tengglam, faktor human error, maupun faktor alam itu sendiri. Cara kerja kapal selam juga unik begitu juga dengan fungsinya. Untuk jenis-jenisnya cukup banyak, hampir sama seperti kapal-kapal lainnya.

Pasti banyak yang bertanya, kapal selam kok bisa sih mengapung seperti katak atau benda yang melayang di lautan. Pasti yang ditanyakan cara kerjanya kapal selam. Kenapa sebegitu unik dan hebatnya sampai tampilannya seperti itu. Seperti kapsul.

Jadi, bagaimana cara kerjanya?. Langsung simak saja pembahasan berikut!.

Fungsi Kapal Selam sangatlah Bisa Dibilang Luas

Lebih dari 70 persen total permukaan bumi, ditutupi oleh fungsi kapal selam di lautan. Manusia sendiri, memiliki keterbatasan dalam menjelajahinya. Sehingga manusia hanya bisa berenang secara terbatas. Baik waktu maupun kedalamannya.

Jadi manusia tidak bisa terlalu lama menahan nafas maupun lama di lautnya. Dengan adanya keterbatasan tersebut, manusia akhirnya membuat kapal selam sebagai alat dalam menjelajah lautan. Kapal selam bisa melindungi manusia dari tekanan hidrostatis air yang ada di laut.

Bisa Memungkinkan Perjalanan Jarak Jauh

Jadi diartikan kapal selam bisa melakukan perjalanan jarak jauh. Bisa menyelam dalam keadaan jauh juga. Bisa dibilang sebagai alat eksplorasi. Hal tersebut untuk pengetahuan, inspeksi (pemeriksaan fasilitas), pengintaian, penyelamatan, dan lain sebagainya.

Kapal selam memang didesain tertutup dan bentuknya silinder dengan ujung menyempit. Terdapat dua buah lambung yaitu lambung luar dan lambung dalam. Lambung dalam berfungsi untuk melindungi awak kapal dari tekanan hidrostatis dan suhu dingin di kedalaman laut.

Bagaimana dengan Fungsi Lambung Luar

Untuk lambung luar, fungsinya adalah untuk memberi bentuk kapal selam. Lambung luar berisi tangka bahan bakar, tangki trim, dan tangki pemberat. Saat akan dinaiki oleh awak, tangki pemberat akan kosong.

Udara dalam tangki tersebut akan meringankan massa jenis kapal selam daripada massa jenis air. Sehingga memunculkan daya apung positif dan kapal selam mengapung deh. Saat mesin dinyalakan, kapal selam bisa meluncur di permukaan laut seperti kapal-kapal lainnya.

Saat Ingin Masuk ke Dalam Bagaimana?

Saat ingin masuk ke dalam, udara dalam tangki pemberat akan dikeluarkan secara sedikit demi sedikit (bertahap). Jadi tangki yang mulai terisi membuat daya apung menjadi negatif dan kapal mulai bisa tenggelam.

Fungsi tangki trim untuk pengontrol daya apung dan keseimbangan kapal. Perlu diketahui, bahwa kapal selam ada tiga jenis, yaitu kapal selam tanpa mesin, kapal selam diesel elektrik, dan kapal selam nuklir. Prinsip kerja dari kapal selam ini adalah gambaran dari hukum Archimedes.

Saat Kapal Selam Kembali Mengapung?

Saat kapal selam akan mengapung, udara dalam tangki kompres dikeluarkan untuk membuang air ke luar kapal. Jadi massa jenis kapal kecil daripada air. Cara kerjanya memang sesimpel itu. Kapal selam bisa mengendalikan daya apung dengan menggunakan peralatan khusus.

Kapal selam memiliki alat khusus dalam menjaga kru saat berada di bawah permukaan air laut, dimana untuk mengatur suhu maupun persediaan air bersih. Kapal selam ini dilengkapi dengan tangki bertekanan, dalam artian bisa mengeluarkan oksigen dari dalam kapal.

Pelengkap Kapal Selam

Kapal selam dilengkapi dengan komputer untuk memantau kebutuhan udara yang ada. Ada perangkat khusus yang bernama Scubbers dam Dehumidifiers, disediakan untuk mengeluarkan karbon dioksida serta menyerap uap air.

Nah itulah penjelasan mengenai cara kerja dari kapal selam. Semoga bermanfaat.

Bagikan ke sosial media:

Recommended For You

yuliartiselli

About the Author: yuliartiselli

Cewek dengan bintang Taurus ini suka berpetualang dan menjelajahi dunia maupun Indonesia, apapun itu. Berpetualang mencari jati diri dan jadi diri sendiri. Suka explore sendiri. Dan untuk dunia kepenulisan, dia sudah menggeluti selama 1 tahun lebih sebagai content writer di berbagai proyek.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

close