Dukung pengembangan perajin keramik Dinoyo, Diskoperindag gandeng ITS

MALANG, malangpost.id- Pemkot Malang melalui Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) terus berupaya membangkitkan kembali gairah industri keramik Dinoyo. Industri ini sebelumnya sempat menjadi salah satu ikon Kota Malang. Upaya yang dilakukan pemkot Malang dilakukan melalui berbagai program yang ditujukan kepada perajin keramik agar kualitas dan kuantitas produksinya dapat bersaing di ranah global.

Bantuan Sebagai Bentuk Pemulihan Ekonomi

Salah satunya dengan menggandeng Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya. Pada Jumat 18 Desember 2020 lalu, perwakilan pelaku industri keramik Dinoyo mendapatkan bantuan peralatan produksi sebagai upaya pemulihan ekonomi sebagai dampak pandemi. Penyerahan bantuan ini dilakukan di halaman Kantor Diskoperindag Kota Malang, Jl. Simpang Terusan Danau Sentani No 3.

Selain bantuan ini, juga akan dilakukan pendampingan oleh tim ahli ITS kepada perajin keramik Dinoyo. Sehingga dapat meningkatkan kualitas dan kuantitas produksi.

Menurut Kadiskoperindag Kota Malang Drs Wahyu Setianto MM, pada masa kejayaanya, perajin keramik Dinoyo berjumlah sekitar 30 perajin. ”Sekarang nggak sampai sepuluh orang (perajinnya). Mungkin tinggal sekitar empat orang. Makanya, kami ingin mengembalikan kejayaan keramik Dinoyo,” ungkapnya.

“Tahun depan, tim ahli dari ITS akan kasih pelatihan tentang cara inovasi, jaga kualitas dan kuantitas produk keramik Dinoyo. Supaya produknya tidak monoton dan bisa bersaing secara global,” jelas beliau lebih lanjut

Selain upaya hulu berupa peningkatan kualitas dan kuantitas, juga dilakukan upaya hilir dengan menghimbau pelaku industri kafe di Malang untuk menggunakan keramik dari Dinoyo. Beliau pun menyampaikan “Selama ini mereka pakai dari Bali karena alasan lebih bagus dan murah,”.

Selanjutnya juga akan dibangun gapura bertuliskan “Anda Memasuki Industri Keramik”. Dengan tujuan agar industri keramik Dinoyo lebih dikenal masyarakat luas. “Karena generasi milenial nggak banyak yang tahu kalau di Dinoyo ada industri keramik,” menurut beliau.

Di lain pihak, Ketua Paguyuban Sentra Keramik Dinoyo Sony Suharto mengucapkan terimakasih atas bantuan Diskoperidag kepada para perajin keramik Dinoyo. “Harapan kami, keramik Dinoyo bisa jaya seperti dulu lagi,”.

Bagikan ke sosial media:

Recommended For You

Bryan

About the Author: Bryan Satriya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

close