3 Alat Musik Tradisional dari Indonesia yang Mendunia!

HIBURAN, Malangpost.id – Indonesia telah dikenal sebagai negara berbudaya dengan berbagai adat yang beragam. Tak terkecuali, alat musik tradisionalnya pun bermacam-macam dan mendunia. Apa saja alat musik tradisional yang mendunia dari Indonesia?

Alat musik, adalah salah satu produk kebudayaan otentik yang dimiliki setiap suku. Mungkin, tak banyak orang tahu, bahwa alat musik tradisional yang mendunia dari Indonesia cukup banyak.

Alat-alat musik ini bisa dikenal dunia karena suara unik yang dihasilkan. Biasanya, terkenalnya alat musik tradisional khas Indonesia ini diawali dari penggunaannya di musik internasional.

Baca juga : Fakta Unik Tentang Hari Musik Nasional Indonesia

Ketika banyak orang mengerti ada elemen unik, maka alat ini akan dicari dan dikulik oleh masyarakat dunia. Nah, berikut beberapa alat musik tradisional yang mendunia dari Indonesia :

1. Angklung

Angklung merupakan alat musik tradisional yang berasal dari Sunda dan telah mendunia. Alat musik ini sendiri telah resmi diakui UNESCO sebagai warisan budaya asli indonesia sejak tahun 2010. Angklung masuk dalam kategori warisan budaya tak benda atau Representative List of The Intangible Cultural Heritage.

Angklung terbuat dari bambu yang dipotong dan dibentuk menyerupai pipa tabung. jumlah angklung yang digantung pada bingkai sebanyak dua hingga empat tabung bambu dan kemudian diikat dengan tali rotan. Setiap angklung menghasilkan satu nada sehingga angklung harus dimainkan secara bersamaan agar tercipta melodi yang indah.

Cara memainkannya adalah dengan menggoyangkan angklung ini. Akibat goyangan itulah membuat bambu saling bertumbukan dan mengeluarkan bunyi khas yang tak ditemukan di alat musik lain. Sebenarnya angklung sendiri bisa ditemui tak hanya di Jawa Barat, namun juga di Bali, Banyuwangi, dan daerah lainnya.

2. Sasando

Alat musik Sasando (Foto : suara.com)

Alat musik tradisional yang mendunia berikutnya adalah sasando. Ini merupakan alat musik dari masyarakat Rote di Nusa Tenggara Timur. Sasando sudah dimainkan sejak abad ke-7 lalu.

Sebenarnya sasando memiliki kemiripan dengan gitar modern, dengan memanfaatkan dawai serta tabung resonansi dalam menghasilkan suara. Kini bahkan Anda bisa menemukan sasando elektrik yang sudah dimodernisasi, sehingga menjadi satunik yang dikenal dunia.

3. Gamelan

Gamelan yang dipelajari di Amerika Serikat (Foto : unesco.com)

Terakhir, alat musik tradisional yang mendunia berikutnya adalah gamelan dari Jawa Tengah. Gamelan kini sudah dikenal secara luas di seluruh dunia.

Gamelan merupakan alat musik pukul yang menggunakan bahan dasar kuningan atau logam sejenis. Bentuknya yang beragam bisa menghasilkan suara dengan karakter berbeda-beda, sehingga harmonisasinya sangat indah. Gamelan digunakan dalam produksi lagu Lathi, dan berhasil mendunia. Bahkan pada beberapa kampus di luar negeri, alat musik ini dijadikan satu mata kuliah tersendiri.

Baca juga : Ini Permainan Seru Untuk Keluarga Saat di Rumah Aja!

Persebaran kelompok pemain gamelan di Amerika Serikat ternyata nggak main-main. Dari 50 negara bagian di sana, kelompok pemain gamelan tersebar di 45 negara bagian. Sekitar 400 komunitas gamelan yang tersebar di AS kebanyakan berbasis di perguruan tinggi dengan 127 komunitas di antaranya aktif berlatih dan berpentas. Wah! Kalah nih kita, sobat Malangpost. 

Itulah ketiga alat musik tradisional yang telah mendunia dan diakui oleh UNESCO! Sebagai penerus bangsa kita juga harus melestarikannya ya, sobat Malangpost!

Bagikan ke sosial media:

Recommended For You

Susmitha

About the Author: Susmitha Nurzaini

Someone who interrest and eager to learn more about jurnalistic, public, and communication. Stay safe and stay healthy all! Cheers!^^

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *