Kenali Gerakan Zumba yang Cocok untuk Pemula

Ingin mulai Zumba untuk olahraga rutin? Kenali dulu gerakan Zumba yang cocok untuk pemula!

Sebagian dari kita tahu pentingnya olahraga untuk kesehatan tubuh. Ada berbagai macam olahraga yang bisa dilakukan secara rutin untuk menjaga kebugaran, diantaranya olahraga aerobik. Untuk aerobik sendiri terdiri dari berbagai macam jenis, diantaranya senam Zumba yang kian populer.

Senam Zumba adalah senam yang tidak hanya menyehatkan, tapi juga menyenangkan. Selain itu, gerakan senam bisa disesuaikan dengan kondisi kesehatan tubuh masing-masing. Gerakan Zumba menggabungkan fitness dan dance dengan diiringi irama musik dalam waktu tertentu. Umumnya gerakan Zumba lincah dan cepat.

Bagi Anda yang ingin memulai Zumba, simak gerakan Zumba yang cocok untuk pemula berikut ini:

Pemanasan

Sebelum mulai berolahraga, pemanasan wajib dilakukan untuk melemaskan otot. Demikian juga dengan Zumba, pemanasan perlu dilakukan. Gerakan pemanasan cukup sederhana. Diantaranya jalan di tempat, buka kaki lebar dan ayunkan tangan ke kanan, kiri, dan atas, ayunkan kaki ke depan sambil mengarahkan tangan k atas, dan pasang kuda-kuda sambil menggerakkan tangan ke atas dan ke bawah.

Ulangi setiap gerakan sebanyak 2×8 hitungan. Atau, setidaknya luangkan waktu untuk melakukan pemanasan selama 5 menit.

Baca juga: Agar Selalu Bugar, Lakukan Senam Online Ini Dari Rumah

Salsa

Zumba adalah senam yang terinspirasi dari Amerika Latin. Karenanya, gerakan khas yang seperti salsa tidak boleh dilewatkan. Untuk memulai, Anda bisa mengambil satu langkah ke kiri. Lalu goyangkan juga pinggul, tubuh, kaki, dan tangan ke kiri. Kemudian rapatkan kaki sambil tetap menggoyangkan tubuh.

Lakukan gerakan yang sama pada kaki kanan. Ulangi setiap gerakan sebanyak 2×8 hitungan. Saat melakukan gerakan salsa, posisikan tangan di depan dada sambil terus bergoyang mengikuti musik.

Reggaeton

Gerakan Zumba berikutnya adalah reggaeton. Untuk gerakan dasar, posisikan tangan Anda di depan dada sekitar 90 derajat. Lalu gerakkan kaki kanan satu langkah ke depan bergantian dengan kaki kiri. Saat kaki melangkah, gerakkan tangan seperti mendayung sesuai arah kaki.

Lakukan langkah dasar ini sekitar 2×8 hitungan. Anda juga bisa menambah gerakan menjadi dua langkah. Saat melakukan gerakan dua langkah, posisikan tangan horizontal di depan dada dan digerakkan seperti menyikut.

Merengue

Gerakan Zumba yang mudah untuk pemula berikutnya adalah merengue. Pertama-tama, rentangkan kedua tangan ke samping. Lalu tarik tangan kanan ke arah dalam dan bawah sambil mengayunkan pinggul ke kanan. Sementara untuk kaki kiri tetap berjalan di tempat. Lakukan juga arah sebaliknya secara bergantian.

Cumbia

Cumbia merupakan salah satu gaya tarian Latin klasik yang kerap dilakukan saat Zumba. Gerakan ini melibatkan gerakan kaki yang diyakini dapat membantu mengencangkan otot lengan, pinggang, paha, dan perut.

Sebagai awal, berdiri tegak dengan arah menyamping. Kemudian, gerakkan kaki kanan maju dan mundur bergantian sambil menggoyangkan tubuh. Lakukan juga untuk kaki kiri, masing-masing 1×8 hitungan. Perlu diingat, saat menggerakkan kaki, hanya bagian ujung jari kaki saja yang menyentuh tanah.

Pendinginan

Setelah melakukan gerakan Zumba untuk pemula seperti di atas, jangan lupa untuk melakukan cooling down atau pendinginan. Sebenarnya tidak ada gerakan khusus, namun Anda bisa melakukan gerakan dasar Zumba secara perlahan dengan melambatkan tempo.

Nah, itu tadi beberapa gerakan Zumba untuk pemula yang bisa Anda coba lakukan. Jika sudah bisa melakukan gerakan tersebut dengan baik,  Anda bisa memodifikasi atau menambah tempo gerakan. Selamat mencoba! (ds3)

Bagikan ke sosial media:

Recommended For You

desi3

About the Author: desi3

Seorang 'bibiliophile' yang jatuh cinta dengan Himalaya dan fans berat warna biru. ~ travel to fulfill your soul ~

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

close