3 Ide Bisnis Pencetak Uang Bagi Investasi Properti Anda di Era Resesi

WIRABISNIS, malangpost.id – Ide bisnis di bidang properti seolah tidak ada matinya, walaupun resesi yang baru saja melanda Indonesia dikarenakan serangan virus corona menjadikan kita harus ekstra hati-hati dalam berinvestasi. Salah satu investasi yang masih mempunyai peluang besar di saat kondisi saat ini adalah sektor properti. Mengapa harus sektor properti? Menurut BPS Ada tujuh sektor usaha dari 17 sektor usaha yang masih mempunyai tren positif pada kuartal 2 di tahun 2020. Diantara nya yaitu real estate, pertanian, jasa keuangan, jasa pendidikan, jasa kesehatan, pengadaan air, serta informasi dan komunikasi.

Angka pertumbuhan ekonomi Indonesia yang terkontraksi hingga minus 5,32 persen pada kuartal II 2020 menunjukkan terkonstraksi nilai hingga 4,19 persen perkuartal dan secara kumulatif terkontraksi 1,26 persen. melihat kondisi yang menunjukkan tren negatif mendorong kita harus mampu meningkatkan tren optimis pada sektor riil. Membeli properti memang bukan pilihan bagi sebagian orang akan tetapi menyewa merupakan pilihan di saat ekonomi menuju resesi. Masyarakat akan cenderung menyewa properti di bandingkan membelinya. Peluang inilah yang menjadi sektor properti terutama sektor sewa menjadi salah satu peluang bagi Anda yang telah memiliki investasi di sektor properti maupun yang baru akan memulai.

Berikut ini beberapa ide bisnis bagi Anda yang ingin memaksimalkan investasi properti di saat pandemic.

Rumah Kos

Ide bisnis properti yang pertama adalaha Rumah kos merupakan salah satu pilihan pertama bagi Anda yang ingin memaksimalkan investasi Anda. Rumah kos masih menjadi pilihan karena jangka waktu sewa nya yang relatif pendek dan bisa berhenti kapan saja. Menyewa rumah atau ruang dalam jangka panjang akan menjadi konsen tersendiri di saat seperti ini. Bagi anda yang telah memiliki investasi properti yang cocok untuk tempat kos mungkin akan lebih mudah lagi, tinggal memikirkan bagaimana memasarkan tempat kos yang Anda miliki. Namun bagi Anda yang baru akan memulainya, tidak ada salahnya Anda memperhatikan beberapa hal berikut:

  • Untuk memiliki rumah kos yang bagus, pilih developer yang berpengalaman, memilih developer bukanlah hal mudah namun dengan melihat track record merupakan cara yang paling sederhana untuk mendapatkan penilaian. Redaksi malangpost.id menghimpun informasi dari beberapa pengembang properti di kota Malang. Contohnya Developer PRIMALAND sebuah pengembang properti yang memiliki salah satu produk perumahan berkonsep Islami dengan nama Islamiland. Primaland menyediakan lokasi propertinya di jaringan strategis di kota Malang. Serta menawarkan beberapa desain yang menarik dan cocok bagi konsumen jaman now.
  • Perhatikan lokasi dimana tempat Anda memiliki rumah kos tersebut. Semakin dekat dengan pusat-pusat pendidikan atau perkantoran peluang untuk menyewakannya semakin besar. Selain institusi pendidikan dan lingkungan perkantoran, tempat seperti terminal dan jalur antar propinsi juga menjadikan lokasi Anda mempunyai nilai jual. Masih seputar produk properti dari PRIMALAND yang mempunyai beberapa titik lokasi properti yang menawarkan peluang strategis, seperti dekat dengan kampus Brawijaya, kampus ITN dan juga Rumah Kos yang berada di dekat polinema /UIN/UNISMA/UMM.
Unit Salvia adalah salah satu properti yang di tawarkan oleh islam.land yang terletak di sekitar Universitas Islam Malang.
  • Memperhatikan desain Rumah Kos Anda. Semakin Anda mempunyai desain perumahan terkini dan kekinian, konsumen akan lebih mempertimbangkannya. Selain mempunyai nilai tawari, desain interior juga mempunyai daya tarik bagi segementasi yang Anda bidik. Jika Anda mempunyai properti di sekitaran kampus model interior minimalis dan penuh dengan corak warna-warna pastel bisa menjadi daay tarik bagi anak milenial. Demikian sebaliknya jika Anda ingin menawarkan properti rumah kos pada para pekerja, minimalis modern bisa jadi pilihan bagi desain rumah Anda.

Co Working Space & Virtual Office

Ide bisnis properti yang satu ini sedikit unik memang namun cukup menjanjikan. Di era pandemic saat ini banyak pelaku usaha yang terdorong bermigrasi pada cara digital untuk menjalankan usahanya. Selian itu konsumen yang juga sudah mengurangi pergerakannya dan juga memaksimalkan cara-cara online untuk bertransaksi dalam memenuhi sebagian besar kebutuhannya. Pandemi dan resesi ekonomi menjadikan berkurangnya daya beli yang membuat pelaku usaha harus banyak memangkas biaya produksi dan operasional. Dengan beralih ke cara digital rupanya mampu menjawab sebagian besar problematika tersebut. Melihat peluang ini Anda bisa mencoba me redesign investasi properti Anda sebagai penyewaan tempat kerja sehari-hari yang nyaman dan tentunya kekinian. Dengan dukungan sambungan Internet yang memadai Anda bisa memulai bisnis ini pada properti Anda.

Banyak pelaku usaha baru (start up) yang memanfaatkan sewa kantor dengan cara harian, mingguan atau bulanan untuk menunjang bisnisnya. Dengan sistem pembyaran harian atau mingguan rupanya mampu memangkas biaya operasional. Di kota-kota besar lainnya co working dan jasa sewa alamat kantor (Virtual Office) ini menjadi lahan bisnis yang menjanjikan.

Rumah Inap

Ide bisnis propoerti selanjutnya adalah Sektor yang paling terpukul adalah sektor wisata pada saat pandemic sekarang ini. Namun keberadaan rumah inap ternyata masih memiliki peluang yang cukup besar di masa pandemic. Dengan mulai dibukanya tempat wisata di beberapa kota menjadikan Rumah Inap menjadikan pilihan favorit bagi pelancong yang mempunyai budget minim. Anda bisa bergabung dengan jaringan bisnis rumah inap seperti OYO, RedDoorz dan juga aplikasi Airbnb.

Baca juga: Ini Perjalanan Bisnis Airy Rooms.
Properti dengan garasi dibawah cocok digunakan sebagai rumah inap sewa. Salah satu produk properti dari islami.land yang terletak di Daerah Watu Gong, Dinoyo, Malang.

Pola bisnis yang ditawarkan pihak ketiga bermacam-macam sehingga Anda bisa menyesuaikan dengan kondisi properti yang Anda miliki. Airbnb contohnya, Airbnb memiliki konsep penjualan yang berbeda dengan penyedia layanan rumah inap lainnya. Airbnb berbasis aplikasi yang memberikan Anda kebebasan sebagai tenant mereka untuk menjual dengan harga dan fasilitas yang Anda tawarkan. Berbeda dengan Oyo dan juga RedDoorz yang lebih menawarkan manajemen bagi properti yang ingin Anda tawarkan. Dengan beberapa kriteria dan standard yang akan diberikan.

Beberapa pilihan di atas merupakan tiga ide bisnis yang mungkin bisa dimanfaatkan bagi investasi properti Anda dan juga bagi Anda yang ingin memulai berinvestasi properti. Ketiga ide bisnis tersebut mungkin bukan sesuatu yang baru, namun setidaknya ketiga ide bisnis properti tersebut dapat memberikan inspirasi kembali bagi Anda untuk memaksimalkan investasi di sektor properti pada masa pandemic sekarang ini. (Calya)

Bagikan ke sosial media:

Recommended For You

Calya

About the Author: Calya Putri

Pecinta musik dan pastinya juga suka menyanyi. Penulis yang memiliki bintang Sagitarius ini juga menykai K-Pop dan hobi wisata alam terutama pantai. Dunia fashion juga digelutinanya sejak kecil tebukti dari beberapa prestasi yang sering diraih dalam peragaan busana.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

close