5 Aplikasi Ini Harus Banget Dimiliki Oleh UMKM Pemula

WIRABISNIS, Malangpost.id – Selama pandemi Covid-19 banyak masyarakat yang memulai bisnis kecil-kecilan, hal ini karena adanya dampak dari pandemi Covid-19. Terlebih masa pandemi menjadi masa yang menguji bagi semua lapisan, sehingga banyak masyarakat berusaha mencari pundi-pundi keuntungan dengan berwirausaha.

Itu tidak hanya dilakukan oleh pengusaha atau ahli bisnis lainnya. Tetapi dapat juga dilakukan oleh masyarakat biasa seperti mahasiswa, pelajar, bahkan ibu rumah tangga. Dirangkum Malangpost.id dari berbagai sumber, berikut lima aplikasi yang dapat membantu masyarakat untuk melancarkan bisnis kecil-kecilan:

1. Square

Di era digitalisasi seperti saat ini kebutuhan manusia terus meningkat segala sesuatu menjadi serba instan dan praktis, bahkan untuk perkembangan payment dalam bisnis. Aplikasi Square yang didirikan oleh Jack Dorsey dapat dengan mudah membayar menggunakan kartu kredit non fisik, mengingat hanya perlu pin untuk bisnis yang sedang dijalankan.

2. Goodbudget

Aplikasi ini sangat aman digunakan karena data akan secara otomatis tersimpan di dalam cloud, sehingga informasi penting tidak akan hilang lagi. Aplikasi Goodbudget menawarkan performa yang sangat baik, cukup dengan menuliskan secara manual untuk menambahkan saldo, uang tunai, dan daftar hutang ke dalam perangkat. Maka semua akan tersingkron secara otomatis.

3. Canva

Salah satu trik untuk menarik pelanggan tentu dengan membuat desain produk yang eye catching, sehingga pelanggan akan mencari tahu lebih dalam mengenai produk yang dijual. Untuk desain tentu aplikasi Canva juaranya. Selain karena aplikasi ini gratis, Canva sangat mudah untuk digunakan dari segala umur. Sebab aplikasi ini memiliki ribuan desain menarik dan dapat digunakan untuk presentasi, menu, poster, dan banyak fitur telah di sediakan dari aplikasi yang satu ini!

iklan-dinas-kominfo

4. Mint

Untuk beberapa orang yang suka segala sesuatu secara mendetail dengan ada banyak kategori yang dapat dibuat, Mint dapat menjadi pilihan yang tepat. Mint sangat populer karena berbagai macam fitur yang ditawarkan. Aplikasi ini dapat membantu untuk membagi transaksi bahkan mengingatkan tagihan sebelum jatuh tempo, selain itu Mint juga menawarkan pemula untuk belajar mengenai investasi.

5. Google Sheet

Aplikasi google sheet sangat mudah didapatkan, hanya dengan memiliki akun google kita dapat mengakses google sheet secara bebas dan gratis. Aplikasi ini dapat membantu kita memonitor keuangan secara mandiri. Google sheet dapat dengan mudah digunakan oleh siapa saja, karena memiliki tampilan yang sederhana bahkan bagi orang tua sekalipun. Itulah mengapa google sheet adalah pilihan yang baik untuk mengatur keuangan bagi pemula.

Itulah 5 rekomendasi aplikasi UMKM untuk pemula yang dapat digunakan untuk menjaga keuangan sehingga lebih teratur.

Bagikan ke sosial media:

Recommended For You

Nurachma Batch2

About the Author: Nurachma Batch2

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *