5 Rekomendasi Novel Best Seller untuk Mengisi Waktu Luang Anda

Hobi membaca novel? Untuk mengisi waktu luang, novel best seller apa saja yang menarik?

Selain sebagai hiburan, membaca novel juga bermanfaat lho! Diantaranya meningkatkan daya ingat, menurunkan stres, meningkatkan konsentrasi, dan juga menambah wawasan. Baik novel fiksi maupun novel non-fiksi. Bicara novel, tersedia beragam pilihan genre, diantaranya novel misteri, fantasi, romance, dan lainnya.

Novel bisa jadi salah satu jenis buku yang paling menarik dan digemari banyak orang untuk mengisi waktu luang. Anda bisa membaca novel dalam bentuk cetak atau novel gratis lewat aplikasi. Bagi penggemar buku, membaca buku cetak masih menjadi pilihan. Terutama saat membaca karya penulis favorit yang bukunya yang menjadi best seller.

Nah, Anda bisa nih membaca beberapa novel best seller terbitan Gramedia dan Bentang Pustaka. Berikut rekomendasi dari kami:

1. Laut Bercerita

foto: Gramedia

Penulis: Leila S. Chudori

Goodreads rating: 4.57

Laut Bercerita adalah novel terbaru dari sastrawan sekaligus wartawan, Leila S. Chudori. Buku ini bercerita tentang sosok Biru Laut beserta sekelompok mahasiswa dan aktivis dalam usaha menuntut hak-hak kemanusiaan pada pemerintah Orde Baru. Di bawah tekanan dan bahaya, mereka harus bergerak secara sembunyi-sembunyi dan hidup berpindah-pindah layaknya buronan pemerintah. Masa yang kelam, dimana banyak aktivis dan mahasiswa ditangkap atau diculik dan disiksa saat itu.

Laut Bercerita terbagi menjadi dua bagian. Bagian pertama adalah kisah Biru Laut yang mengalami penculikan dan penyiksaan. Sedangkan bagian kedua menceritakan kisah Asmara Jati, adik Biru Laut yang berusaha melacak jejak sang kakak.

Meskipun tokoh dan kisah hidup Laut adalah fiksi, namun cerita ini diangkat berdasarkan kasus nyata penculikan beberapa mahasiswa di tahun 1998. Pembaca akan ikut merasakan kisah Laut yang terasa nyata dan membuat perasaan campur aduk.

2. Almond

foto: Gramedia

Penulis: Sohn Won – Pyung

Goodreads rating: 4.17

Novel remaja asal Korea ini sempat menjadi perbincangan hangat karena salah satu personil BTS yang membaca Almond. Buku ini berkisah mengenai keluarga, persahabatan, serta isu kesehatan.

Tokoh utama dalam novel ini, Seon Yoonjae adalah seorang anak laki-laki yang didiagnosis penyakit Alexitimia sejak lahir. Penyakit ini membuat Yoonjae tidak mampu mengungkapkan emosi seperti senang, sedih, takut, ataupun iba. Karena kondisinya dianggap aneh oleh orang lain, ia pun dikucilkan dan dijuluki sebagai monster.

Baca juga: Fakta Drama Korea Terbaru “True Beauty” Diadaptasi Dari Komik Webtoon

3. Selamat Tinggal

foto: Gramedia

Penulis: Tere Liye

Goodreads rating: 4.44

Tere Liye adalah salah satu penulis best seller Indonesia yang hingga kini telah menerbitkan kurang lebih 44 buku. Beberapa karyanya juga pernah diangkat ke layar kaca. Saat membaca novel Selamat Tinggal, Anda akan melihat dan merasakan kegundahan penulis tentang maraknya buku bajakan.

Dikisahkan, Sintong adalah seorang mahasiswa yang jenius dalam merangkai kata-kata. Karena tidak bisa menyelesaikan kuliahnya tepat waktu, hal itu mempengaruhi hidupnya. Ditambah lagi dengan hidupnya yang bergantung dari toko buku bajakan milik pamannya membuatnya jadi serba salah.

Hingga pada satu titik Sintong bertemu dengan Jess, wanita yang menumbuhkan kembali semangat hidupnya. Novel ini mengajarkan kita untuk mengakui kalau kita tidak sempurna. Namun, mereka yang mau berubah adalah orang yang sangat beruntung.

4. Aroma Karsa     

novel best seller
foto: Bentang Pustaka

Penulis: Dee Lestari

Goodreads rating: 4.47

Penulis dengan nama asli Dewi Lestari ini pertama kali dikenal dengan karyanya, Supernova. Sejak itu, ia terus menghasilkan karya-karya yang menjadi best seller dan mendapat berbagai penghargaan. Aroma Karsa menjadi karyanya yang ke-12.

Novel ini bercerita tentang Raras Prayagung yang mencari Puspa Karsa, tanaman legendaris yang awalnya ia kira hanya dongeng belaka. Nyatanya, tanaman ini sungguh ada dan tersembunyi di tempat rahasia. Raras pun terobsesi mencari bunga yang konon mampu mengendalikan kehendak.

Dalam pencarian bunga yang hanya bisa diidentifikasi melalui aroma, Raras bertemu dengan Jati Wesi yang memiliki penciuman super. Raras mengundang Jati masuk ke dalam kehidupan pribadinya. Jati pun menemukan misteri tentang dirinya dan tentang masa lalu yang tak pernah ia tahu.

5. Orang-Orang Biasa

foto: Bentang Pustaka

Penulis: Andrea Hirata

Goodreads rating: 4.2

Andrea Hirata menjadi dikenal banyak orang dengan karyanya, tetralogi Laskar Pelangi yang meledak dan diangkat ke layar lebar. Bahkan karyanya banyak diterjemahkan ke dalam beberapa bahasa. Novel Orang-Orang Biasa sendiri merupakan buku ke-10 dari penulis asal Belitung ini.

Buku ini menjadi buku pertama Andrea Hirata dengan genre kejahatan. Aini adalah tokoh utama dalam novel ini, seorang anak miskin yang diterima di fakultas kedokteran ternama. Sayangnya, ia terkendala dengan biaya masuk yang selangit.

Novel ini membawa pesan tentang nilai-nilai pendidikan, pengorbanan, serta dedikasi. Juga tentang perudungan yang tidak hanya terjadi di dunia pendidikan, tetapi juga di masyarakat.

Itu tadi rekomendasi novel best seller yang diterbitkan oleh Penerbit Gramedia Utama dan Bentang Pustaka. Tentu saja, masih banyak buku best seller lainnya yang bisa jadi pilihan untuk mengisi waktu luang Anda. Jadi, dari rekomendasi kami, tertarik membaca buku yang mana? (ds3)

Bagikan ke sosial media:

Recommended For You

desi3

About the Author: desi3

Seorang 'bibiliophile' yang jatuh cinta dengan Himalaya dan fans berat warna biru. ~ travel to fulfill your soul ~

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

close