Tips dan Trik Mudik Aman & Nyaman di Masa Pandemi

Simak tips mudik nyaman buat yang akan pulang kampung

RAGAM, malangpost.id – Akibat pandemi Covid-19 yang melanda sejak 2020, Pemerintah memberlakukan larangan mudik saat Lebaran. Setelah dua tahun, kini masyarakat Indonesia yang hendak pulang ke kampung halaman bisa bernapas lega. Menyambut Hari Raya Idul Fitri 2022, Pemerintah telah mengeluarkan pernyataan yang mengizinkan masyarakat untuk mudik tahun ini.

Meskipun begitu, pandemi Covid-19 belum sepenuhnya usai. Karenanya, bagi Anda yang ingin mudik tahun ini, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dan dipersiapkan agar tetap aman dan nyaman selama di perjalanan.

Pilih moda transportasi yang tepat

Perjalanan mudik biasanya menempuh jarak yang cukup jauh dan membutuhkan waktu hingga berjam-jam. Oleh karena itu, pilihlah moda transportasi yang tepat dan nyaman untuk pulang ke kampung halaman. Pilihan moda transportasi bagi sebagian besar masyarakat yang akan mudik biasanya kendaraan pribadi, bus, kereta, dan pesawat. Sesuaikan pilihan moda transportasi dengan kebutuhan diri.

Ketahui dan pahami peraturan dari pemerintah

Sebelum melakukan perjalanan mudik, ada baiknya mengetahui tentang peraturan yang berlaku selama musim mudik Lebaran 2022. Selain itu, ketahui dulu persyaratan yang diperlukan selama perjalanan. Karena masih dalam situasi pandemi, Pemerintah diantaranya mensyaratkan pemudik telah menerima dosis vaksinasi Covid-19. Jangan lupa untuk mengecek persyaratan lain yang mungkin diperlukan, seperti tes PCR atau antigen.

Baca juga: Pemprov Jawa Timur Gelar Mudik Gratis dengan 15 Daerah Tujuan

Terapkan protokol kesehatan

Untuk menghindari penularan virus Covid-19, jangan lengah untuk terus menerapkan protokol kesehatan selama dalam perjalanan ke kampung halaman. Diantaranya mengenakan masker, menjaga jarak, dan rajin mencuci tangan menggunakan air dan sabun atau hand sanitizer.

Pantau informasi mudik Lebaran

Salah satu tips mudik nyaman untuk Lebaran nanti adalah dengan terus memantau informasi mudik. Anda bisa mendapatkan informasi mudik Lebaran 2022 terupdate dari pemerintah, pihak kepolisian, atau pemerintah daerah setempat. Contohnya, informasi penutupan atau pengalihan arus lalu lintas dan daerah yang rawan kecelakaan. Dengan ini, Anda bisa terhindar dari kemacetan atau hal yang tak enak lainnya.

Utamakan kesehatan

Salah satu hal penting agar perjalanan mudik aman dan nyaman yaitu mengutamakan kesehatan. Dengan kondisi perjalanan yang mungkin memakan waktu lama, pemudik cenderung mengalami kelelahan. Terutama, bagi mereka yang kesehatannya sedang menurun dan kurang baik sejak awal perjalanan. Perhatikan asupan makanan dan minuman yang dikonsumsi selama perjalanan. Jika perlu, lengkapi diri dengan membawa obat-obatan dan vitamin agar tubuh tetap sehat selama perjalanan.

Bagikan ke sosial media:

Recommended For You

desi3

About the Author: desi3

Seorang 'bibiliophile' yang jatuh cinta dengan Himalaya dan fans berat warna biru.~ travel to fulfill your soul ~

9 Comments

  1. I went over this site and I think you have a lot of excellent information, saved to fav (:.

  2. 💗 Доброе утро,На имя прислали free билет на лото. Перейдите по ссылке далее >>> https://forms.yandex.ru/cloud/62b71344c25bba4c3d308826/?hs=0491b7c1de3e497f6879531edef67d13& 💗 berkata:

    lq1lzf

  3. Hello, you used to write wonderful, but the last several posts have been kinda boring?K I miss your tremendous writings. Past few posts are just a bit out of track! come on!

  4. Well I sincerely liked studying it. This article provided by you is very practical for proper planning.

  5. It’s really a nice and helpful piece of info. I’m happy that you shared this helpful info with us. Please stay us informed like this. Thank you for sharing.

  6. Hey are using WordPress for your site platform? I’m new to the blog world but I’m trying to get started and create my own. Do you require any html coding knowledge to make your own blog? Any help would be greatly appreciated!

  7. I’m commenting to let you understand what a magnificent experience my cousin’s princess encountered using your web site. She figured out so many things, which included what it is like to have an ideal helping character to make other folks without problems know just exactly a number of complicated topics. You undoubtedly did more than our expectations. I appreciate you for coming up with these beneficial, trustworthy, revealing and in addition cool tips about the topic to Emily.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Kunjungi Alamat Baru Kami

This will close in 0 seconds