Sering Bosan Belajar? Yuk Simak 4 Tips Ini Supaya Kamu Semangat Belajar!

TIPS, Malangpost.id – Menjadi rajin belajar memang impian semua pelajar dan mahasiswa. Parahnya, kadang malas tiba-tiba datang atau tidak ada motivasi dalam belajar. Wajar, kok, kalau kamu kadang-kadang butuh pemantik dalam belajar.

Pernah baca gak kata-kata Maya Angelou yang ini, “nothing will work unless you do” yang artinya “tidak akan ada keberhasilan sampai anda mengerjakannya”.Hayo, tidak akan ada yang mau memberitahu jawaban ujian ke kamu dan tidak akan ada yang mengerjakan tugasmu selain kamu. Ini dia 4 tips semangat belajar untuk kamu.

Beli Stationery yang Unik dan Lucu

Alat tulis yang warna-warni dan bentuknya lucu bisa bikin mood kamu naik dan semangat belajarnya, loh. Kamu bisa menambahkan stiker lucu dan bisa menghighlight poin-poin penting di catatan kamu dengan highlighter warna-warni! Apalagi sekarang kamu bisa beli alat tulis cuma dengan scroll-scroll market place atau Instagram lewat telepon pintar kamu. Kalau alat tulis dan buku udah lucu, bikin kamu semangat mencatat dari pagi sampai sore. Eits jangan lupa istirahat juga ya!

Pelajari Soal Tahun Lalu

Buku-buku menumpuk di meja belajar, bikin gak mood banget buat menyentuh dan membacanya. Rebahan, rebahan, dan rebahan, eh ternyata minggu depan sudah ujian! Pasti waktunya tidak cukup dong kalau harus baca banyak buku dari halaman awal sampai halaman akhir. Kalau gitu, yang ada malah nambah minus mata kamu.

Yuk coba minta soal ujian tahun lalu ke kakak kelas atau kakak tingkat kamu. Menjawab soal bikin kamu terpancing untuk membaca buku juga dan jurnal terkait, tidak akan menyebabkan bosan karena ada tantangan tersendirinya, loh.

Dengerin Musik Instrumental

Kamu merasa saat belajar tidak rileks dan tegang? Mungkin kamu butuh musik buat menenangkan kamu. Jangan asal pilih musik ya buat menemani kamu belajar! Kalau bisa pilihlah musik tanpa lirik atau instrumental. Kalau kamu mendengarkan lagu yang ada liriknya, bukannya hafal sama pelajaran, kamu malah makin hafal sama lirik lagunya, nih. Butuh rekomendasi musik instrumental? Mungkin kamu bisa cari “Mozart for Concentration and Studying” dan “Lo-fi for studying” di youtube.

Teknik Pomodoro

Merasa hari-hari kamu kurang produktif karena kamu susah fokus? Banyak banget tugas dan mendekati ujian, tapi malah terdistraksi sama hal-hal lain yang tidak terlalu penting? Mungkin kamu bisa coba teknik “Podomoro” nih. Pada akhir tahun 1980, Francesco Cirillo mengenalkan Teknik tersebut. Saat itu, Francesco menggunakan timer dapur yang biasanya digunakan ibu-ibu di rumah untuk menghitung waktu memasak.

Interval bekerjanya yaitu 25 menit fokus belajar dan 5 menit istirahat, kamu bisa mengulanginya terus sampai kamu rasa waktu belajarmu cukup. Sebenarnya menusia tidak bisa fokus terlalu lama dalam melakukan suatu hal. Dalam 25 menit belajar itu, kamu benar-benar harus fokus, ya, jangan lupa untuk membuat telepon genggam kamu dalam mode sunyi agar tidak terganggu!

Nah, itu dia tips agar semangat belajar. Apa kamu punya tips lain untuk meningkatkan semangat belajar? Yuk berbagi dengan kami di kolom komentar!

Bagikan ke sosial media:

Recommended For You

Betsy

About the Author: Betsy Prajna

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *