Mengubah Kebiasaan Menjadi Morning Person, Ini Manfaatnya!

Apakah Anda termasuk tipe night owl? Bagaimana merubah kebiasaan menjadi morning person?

RAGAM, malangpost.id – Bagi sebagian orang, bangun pagi (biasanya antara pukul 04.30 hingga 06.00), adalah hal yang bisa jadi sangat sulit dilakukan. Hal ini karena orang-orang tipe night owl lebih banyak aktif di malam hari.

Berbeda dengan morning person, orang yang memiliki kebiasan bangun pagi. Orang dengan tipe morning person umumnya tidur lebih awal di malam hari serta memiliki kebiasaan langsung beraktivitas setelah bangun tidur.

Ternyata, ada banyak manfaat bagi kesehatan tubuh dan mental dengan menjadi morning person. Nah, buat yang sangat sulit bangun pagi, ini saatnya untuk mengubah kronotipe (jam internal) Anda.

Lalu, apa saja manfaat bangun pagi dan bagaimana caranya menjadi morning person? Berikut informasinya!

Manfaat menjadi morning person

Ilustrasi tidur lebih nyenyak (foto: Ridofranz)

Bangun pagi memiliki berbagai macam manfaat bagi fisik dan mental. Berikut beberapa manfaatnya.

Tubuh lebih sehat dan bugar

Orang yang memiliki kebiasaan bangun pagi lebih bersemangat dan memiliki waktu lebih untuk berolahraga. Selain itu, saat pagi hari udara juga terasa lebih segar.

Olahraga dan menghirup udara segar di pagi hari membuat peredaran darah lebih lancar. Sehingga, tubuh juga akan terasa lebih bugar.

Baca juga: Ini Manfaat Olahraga Zumba Secara Rutin!

Tidur lebih berkualitas

Salah satu manfaat menjadi orang ‘tipe pagi’ lainnya adalah kualitas tidur akan meningkat. Umumnya orang yang terbiasa bangun pagi memiliki jadwal tidur yang teratur.

Hal ini membuat siklus jam internal tubuh berjalan dengan baik sehingga waktu istirahat bisa maksimal.

Meningkatkan produktivitas

Rutin bangun pagi bisa membantu Anda mengatur jadwal dan aktivitas dengan baik. Selain itu, Anda juga punya waktu lebih banyak untuk melakukan tugas penting tanpa gangguan. Bangun pagi juga membuat otak lebih fokus saat digunakan.

Terhindar dari stres berlebih

Bangun pagi juga membawa manfaat bagi kesehatan mental. Anda bisa terhindar dari pemicu stres, seperti risiko terkena macet atau datang terlambat.

Stres yang terjadi secara terus menerus dapat meningkatkan hormon kortisol dalam tubuh yang berefek negatif terhadap kesehatan.

Baca juga: Benarkah Konsumsi Cokelat Bisa Redakan Stress? Ini Faktanya!

Mood lebih baik & lebih bahagia

Night owl yang bangun kesiangan dan terburu-buru dalam melakukan sesuatu di pagi hari bisa membuat mood jelek seharian. Tidak halnya dengan morning person.

Mereka punya lebih banyak waktu, serta lebih relaks dan tenang dalam melakukan segala hal. Bangun pagi juga meningkatkan mood dalam sehari penuh dan membuat hati lebih bahagia.

Cara merubah kebiasaan menjadi morning person

Sinar matahari yang masuk ke dalam kamar (foto: getty images)

Dengan banyaknya manfaat bangun pagi, mungkin banyak dari Anda yang bertanya-tanya bagaimana caranya berubah menjadi morning person. Untuk memulainya, Anda bisa menerapkan cara-cara berikut Ini

Ubah waktu tidur

Bagi para night owl yang terbiasa tidur larut malam, bisa nih mengubah jam tidur dengan mencoba tidur lebih awal. Pasti awalnya akan terasa sulit.

Jadi, Anda bisa membiasakan diri dengan cara memulai jam tidur 15 hingga 20 menit lebih awal dari biasanya. Hal ini akan membantu tubuh terbiasa dengan jam internal baru.

Jauhkan gadget dan alarm

Sebelum tidur, jauhkan gadget dari jangkauan agar tidak tergoda untuk membuka dan melihat-lihat media sosial Anda. Selain itu, jangan lupa untuk menyetel alarm, baik menggunakan weker atau smartphone.

Taruh posisi alarm jauh dari jangkauan tangan. Jika tidak, Anda akan reflex mematikan alarm. Usahan menaruh alarm di tempat yang mengharuskan Anda untuk bangun dari tempat tidur.

Biarkan sinar matahari masuk dalam kamar

Membiarkan sinar matahari masuk dalam kamar bisa membantu mengubah jam internal tubuh dan membuat Anda lebih mudah terbangun.

Pastikan agar sinar matahari bisa masuk ke kamar Anda dengan memberi sedikit celah pada tirai.

Sesuaikan waktu makan

Jika ingin tidur dan juga bangun lebih awal, Anda perlu menyesuaikan jam makan agar tidak terlalu malam. Hindari juga makanan dan minuman yang membuat tubuh terjaga seperti kafein, alkohol, dan makan berlebihan.

Konsisten

Ini dia faktor penting untuk mengubah diri menjadi morning person, konsisten. Konsistensi dibutuhkan untuk menjaga agar jadwal tidur tidak menjadi berantakan dan Anda harus kembali mengulang kebiasan bangun pagi dari awal.

Nah, itu tadi manfaat dan cara mengubah kebiasaan menjadi morning person. Buat Anda dengan tipe night owl bisa menerapkan cara-cara tersebut di atas. Semoga berhasil! (ds3)

Bagikan ke sosial media:

Recommended For You

desi3

About the Author: desi3

Seorang 'bibiliophile' yang jatuh cinta dengan Himalaya dan fans berat warna biru.~ travel to fulfill your soul ~

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

close