Bisnis Properti Modal Dengkul? Why Not? Begini Caranya!

BISNIS, malangpost.id – Hingga kini, bisnis properti masih menjadi salah satu bisnis yang paling menjanjikan. Sebagai salah satu kebutuhan primer, rumah atau tempat tinggal banyak dicari oleh banyak orang.

Dengan pertumbuhan jumlah penduduk, kebutuhan akan tempat tinggal juga semakin meningkat. Karenanya, bisnis properti terus bertumbuh untuk mengimbangi kebutuhan ini.

Kebanyakan orang beranggapan, bisnis properti membutuhkan modal sangat besar. Hal ini dikarenakan harga properti terbilang tidak murah. Namun, anggapan ini tidak sepenuhnya benar. Jika Anda gali lebih dalam lagi, tidak selamanya bisnis properti membutuhkan biaya besar.

Anda bisa memulai bisnis properti dengan keterampilan berbicara, juga dengan modal kecil, bahkan tanpa modal!

Peluang bisnis properti tanpa modal

Anda berpikir untuk mencoba usaha bisnis properti namun merasa ragu akan biayanya? Ada beberapa cara untuk memulai bisnis dengan lebih mudah dan praktis.

Anda juga tidak perlu mengeluarkan modal besar untuk membangun atau membeli properti terlebih dahulu.

Simak beberapa cara untuk memulai bisnis properti dengan modal minim berikut ini

Membuat dan menjalankan situs jual beli dan sewa properti

Dengan sedikit modal, Anda bisa menyewa seorang ahli IT untuk membuat situs jual beli dan sewa properti. Setelahnya, Anda bisa kelola situs tersebut untuk meningkatkan pengunjung ke situs Anda.

Mulailah dengan memposting beberapa artikel yang menarik tentang serba serbi properti. Selain itu, Anda bisa mulai melakukan promosi untuk mendapatkan pemilik properti yang akan mendaftarkan properti  dan melakukan aktivitas penjualan dan sewa mereka di situs Anda.

Dari setiap transaksi tersebut, Anda bisa mendapatkan sejumlah komisi. Bangun kepercayaan dan jalankan situs Anda dengan professional untuk mengembangkan bisnis yang menjanjikan ini.

Bergabung menjadi agen properti

Jika ada perusahaan properti di sekitar lokasi tempat tinggal Anda, bergabung menjadi agen properti bisa menjadi cara untuk bisnis properti tanpa modal. Umumnya perusahaan properti dikelola secara professional dan memberikan bekal pelatihan untuk calon agen properti.

Saat sudah bergabung, Anda akan mendapatkan daftar properti yang bisa dijual dan disewakan tanpa repot-repot mencari di tempat lain. Sesuaikan dengan cara pemasaran yang menurut Anda terbaik.

Jika terjadi transaksi, Anda tentu akan mendapatkan sejumlah komisi sesuai dengan kesepakatan dari transaksi tersebut.

Membuka homestay dan kost

Anda tentu sering mendapati banyak homestay dan kost di kawasan wisata atau lingkungan kampus. Homestay menjadi alternatif lain yang lebih murah dibandingkan dengan penginapan atau hotel. Umumnya orang memilih homestay untuk dijadikan tempat tinggal dengan durasi harian, mingguan, bahkan bulanan.

Pendatang yang akan belajar dan bekerja di lingkungan suatu kampus juga tentu membutuhkan tempat tinggal. Peluang membuka tempat kost sangat menjanjikan untuk memulai bisnis properti tanpa modal.

Jika Anda memiliki properti yang bisa disewakan, Anda bisa mempertimbangkan pilihan ini. Anda masih bisa tetap mencoba cara ini dengan bekerja sama dengan pemilik homestay atau tempat kost. Baik itu saudara, rekan bisnis, atau kerabat.

Anda bertugas mencari orang yang akan menyewa tempat tersebut dan mencari penghuni baru jika yang lama sudah keluar. Dengan mendapatkan penghuni, Anda akan mendapatkan sejumlah komisi dari pemilik homestay dan kost tersebut.

Baca juga : 3 Ide Bisnis Pencetak Uang Bagi Investasi Properti Anda di Era Resesi

Bekerja sama dengan developer

Hampir sama dengan menjadi agen properti Anda bisa bekerja sama dengan developer yang ada di sekitar lingkungan Anda. Kumpulkan informasi penting secara detail mengenai harga, spesifikasi unit, promosi, dan penawaran menarik yang diberikan developer.

Buatlah perjanjian secara tertulis mengenai komisi yang akan Anda dapatkan jika berhasil menjual unit. Hal ini untuk menghindari kesalahpahaman dan kerugian yang mungkin terjadi di kemudian hari.

Tips

Sebelum Anda memulai salah satu pilihan bisnis properti tanpa modal di atas, Anda bisa memulai dengan melakuan riset tentang properti dan pangsa pasar. Ambil peluang potensial dengan cepat namun tetap berhati-hati.

Berikutnya, bangunlah relasi seluas-luasnya untuk mendapatkan informasi seputar properti dan peluang bekerja sama. Anda bisa memulai dengan lingkungan terdekat, seperti teman atau kerabat, juga developer dan agen properti di sekitar Anda.

Apapun cara yang Anda pilih, utamakan kejujuran dan hati-hati dalam menjalankan bisnis properti ini. (ds3)

Bagikan ke sosial media:

Recommended For You

desi3

About the Author: desi3

Seorang 'bibiliophile' yang jatuh cinta dengan Himalaya dan fans berat warna biru. ~ travel to fulfill your soul ~

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *