7 Jenis Tumbuhan Karnivora yang Cocok Sebagai Tanaman Hias

HOBBY, Malangpost.id – Tumbuhan merupakan makhluk hidup karena dapat berkembang biak dengan memakan sesuatu, seperti layaknya manusia atau hewan. Nutrisi yang didapat melalui akarnya yang menyerap air dari tanah dan sinar matahari, serta pupuk tambahan agar tumbuhan dapat tumbuh subur. Namun, tahukah kamu bahwa ada tumbuhan yang bisa memakan hewan seperti serangga?

Karena dapat memakan serangga, tumbuhan ini disebut tumbuhan karnivora. Seperti hewan pemangsa, tumbuhan ini memiliki cara untuk memikat mangsanya agar lebih dekat. Cara tumbuhan ini menarik dan memakan hewan-hewan yang ada di dekatnya cukup unik.

Tumbuhan karnivora biasanya tumbuh di lingkungan yang memiliki tanah buruk dan kekurangan nutrisi. Dalam beberapa kasus, tumbuhan karnivora memakan serangga untuk bertahan hidup. Mereka biasanya akan membuka kelopak bunga untuk menarik perhatian serangga, lalu menutupnya agar serangga tidak bisa keluar dari perangkapnya.

Baca juga : 10 Jenis Tanaman Hias Berdaun Cantik dan Warna-warni

Meski terdengar mengerikan, tumbuhan karnivora ini memiliki bentuk yang unik, sehingga bisa dijadikan sebagai tanaman hias. Berikut adalah 7 jenis tumbuhan karnivora pemakan serangga.

1. Venus Flytrap

Yang pertama adalah venus flytrap. Bentuk tumbuhan ini pasti sudah tak asing lagi bagi kalian karena sering muncul di film kartun yang menceritakan kisah petualangan. Venus flytrap memiliki bentuk seram seperti mulut monster dengan gigi tajam. Mulut ini akan terbuka dan menarik perhatian serangga, terutama lalat untuk hinggap di dalamnya. Ketika serangga mulai terlena, tumbuhan segera menutup mulutnya dan memakannya.

Pemilik nama latin Dionaea muscipula ini membutuhkan iklim yang lembab untuk berkembang biak dengan baik. Dengan begitu, jika kamu tertarik untuk menanamnya, letakkan di ruangan yang lembab dan tidak terkena sinar matahari terlalu banyak.

2. Pitcher Plants

Pitcher plant atau kantong semar merupakan tumbuhan pemakan serangga yang terkenal di Indonesia. Tumbuhan ini biasanya terdapat di Jawa, Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Papua, dan Maluku.

Baca juga : Rumahmu Berdebu? Ini 7 Tanaman Hias Indoor Penyerap Debu

Sesuai dengan namanya, tumbuhan ini memiliki bentuk seperti kantong yang dapat menarik perhatian serangga dengan mengeluarkan aroma. Serangga akan menyelinap ke dalam kantong berisi cairan, setelah itu tumbuhan ini akan menyerap nutrisi dari serangga.

3. Butterwort

Butterwort sering disebut bulu kupu-kupu. Selain itu, daun butterwort memiliki cairan lengket yang dapat menjebak semut yang lewat hingga akhirnya semut mati dan menjadi makanannya. Butterworrt memiliki ukuran yang kecil sehingga bisa ditanam di pot dan diletakkan dalam rumah agar rumah bebas dari semut.

4. Monkey Cup

Monkey cup adalah mutasi daun yang telah berevolusi untuk menjebak serangga. Setelah terperangkap, serangga jatuh ke dalam cairan di bagian bawah kantong dan nutrisi dapat dicerna dan diserap ke dalam tumbuhan.

Tumbuhan ini termasuk tumbuhan yang mudah perawatannya karena bisa ditanam di dalam pot dan ditempatkan di ruangan yang minim cahaya. Kamu juga tidak perlu repot memberinya pupuk, karena tumbuhan ini dapat mencari nutrisinya sendiri dengan menangkap serangga di sekitarnya.

5. Drosera

Drosera paling baik ditanam di iklim tropis. Namun ada juga beberapa spesies yang tumbuh di suhu dingin. Sinar matahari dan air bersih merupakan syarat utama untuk menumbuhkan drosera.

Baca juga : Yuk Simak, Kiat Merawat Tanaman Hias di Pot Rumahmu

Baunya yang manis dan tentakel pada bunganya berguna untuk menarik perhatian serangga. Tentakel lalu bergerak menangkap serangga yang mendekat untuk makan.

6. Utricularia

Tumbuhan utricularia adalah tumbuhan karnivora yang dapat menahan kondisi suhu apa pun. Meski begitu, tumbuhan ini tetap membutuhkan air bersih untuk tetap tumbuh. Jadi tanamlah di luar ruangan agar mereka bisa mendapat air hujan.

Tumbuhan karnivora ini menggunakan kandung kemih untuk menangkap mangsanya. Ada rambut-rambut kecil yang menempel pada bunga yang berfungsi sebagai perangkap untuk serangga yang mendekat.

7. Cephalotus

Cephalotus adalah tumbuhan perangkap Australia. Tumbuhan ini memiliki daun perangkap yang berguna untuk memangsa serangga. Sehingga serangga yang jatuh ke dalam daun perangkap, tidak bisa keluar dan mati di dalamnya.

Bagikan ke sosial media:

Recommended For You

Maharani

About the Author: Maharani Safitri

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Kunjungi Alamat Baru Kami

This will close in 0 seconds