Yuk Simak, Kiat Merawat Tanaman Hias di Pot Rumahmu

RAGAM, malangpost.id – Di masa pandemi ini, kamu dianjurkan untuk tetap berkegiatan di rumah. Semua pekerjaan dan pelajaran di sekolah atau di kampus, mau tidak mau harus bisa diselesaikan di rumah. Namun, tetap diam di rumah kadang membuat kita bosan karena kegiatan hanya itu itu saja tanpa variasi.

Oleh karena itu, saat ini banyak sekali hobi-hobi baru yang dijalani oleh masyarakat Indonesia. Mulai dari memasak, merajut, sampai merawat tanaman hias! Kalau kamu tidak punya cukup lahan di rumah untuk berkebun, merawat tanaman hias di pot menjadi pilihan yang sangat tepat.

Tidak hanya menghilangkan bosan, dengan merawat tanaman hias, kita juga bisa membuat rumah agar tampak cantik dan segar. Kamu bisa meletakkan tanaman hias di pot dalam rumah ataupun di teras rumahmu untuk mempercantik rumah. Dengan adanya tanaman hias akan membuat rumah kamu terasa asri dan nyaman. Banyak juga jenis tanaman hias yang bisa dirawat, ada yang memiliki bunga atau hanya daun seperti suplir ataupun aglaonema.

Merawat tanaman hias tentunya tidak bisa dilakukan dengan sembarangan. Kita harus mengetahui cara merawatnya dengan baik. Mulai dari penyiraman, memupuk, dan banyak lagi. Setiap tanaman hias tentu memiliki cara perawatan yang cukup berbeda. Lalu bagaimana, sih, kiat merawat tanaman hias di pot yang benar agar tanaman kita tumbuh subur dan sehat? Malangpost.id telah merangkum kiat-kiatnya berikut ini.

Penyiraman yang Cukup

Siramlah tanaman secukupnya ketika dibutuhkan saja. Ternyata, menyiram air pada tanaman hias secara berlebih dapat menyebabkan akar membusuh, loh! Sebenarnya, frekuensi penyiraman tanaman hias berbeda-beda tergantung musimya. Saat musim panas, sebaiknya sering menyiram tanaman karena tanah cepat kering. Sebaliknya, saat musim hujan siramlah tanaman sedikit lebih sering. Tetapi ingat, jangan berlebihan!

Media Tanam yang Tepat

Gunakan media tanam yang baik untuk tanaman hias milikmu. Sebaiknya pakailah media tanah karena merupakan media terbaik. Tanah menyediakan unsur hara yang sangat dibutuhkan untuk tanaman hias. Tentunya, pilihlah tanah yang berkualitas, ya. Jangan menggunakan tanah yang kering dan keras.

Beri Pupuk

Pupuk sangat penting manfaatnya untuk tanaman hias. Manfaatnya adalah untuk menjaga tanaman hias dalam kondisi yang baik sepanjang musim, terutama musim panas. Sebaiknya pakailah pupuk alami atau organik yang terbebas dari bahan kimia berbahaya. Kamu bisa memakai pupuk kompos atau pupuk daur ulang.

Pencahayaan yang Merata

Tanaman sangat membutuhkan sinar matahari untuk proses fotosintesis. Bahkan tanaman hias yang kamu rawat di dalam rumah atau indoor juga terkadang membutuhkan sinar matahari secara langsung. Tentu jangan diberikan secara berlebihan. Sinar matahari berlebih bisa membuat tanaman kekeringan bahkan layu.

Kontrol Suhu dan Kelembapan

Pilihlah tanaman yang cocok dengan suhu rata-rata di tempat kamu tinggal. Kalau kamu tinggal di kota dengan suhu tropis, tentu jangan memilih jenis tanaman dingin. Pilihlah tanaman yang sesuai dengan iklim dan kondisi tanah di tempat tinggalmu. Kalau tidak sesuai, tanamanmu bisa layu atau bahkan mati.

Bagaimana, mudah dan seru kan merawat tanaman hias di pot? Tentu akan menyenagkan kalau kamu bisa menerapkan kiat merawat tanaman hias di pot ini secara langsung. Selamat berkebun, semoga tanaman hias milikmu tumbuh sehat dan subur!

Bagikan ke sosial media:

Recommended For You

Betsy

About the Author: Betsy Prajna

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *