5 Tips Mendapatkan Sumber Penghasilan Baru Setelah Resign

Memutuskan resign dari pekerjaan? Ingin mendapatkan penghasilan baru setelah berhenti kerja?

TIPS & TRIK, malangpost.id – Bekerja sebagai karyawan di suatu perusahaan masih menjadi sumber penghasilan utama bagi sebagian orang. Meskipun, sumber penghasilan bisa dari mana saja. Tidak sedikit juga karyawan yang memiliki pekerjaan sampingan untuk mendapatkan penghasilan tambahan.

Bagi yang memutuskan untuk resign dari perusahaan, tentunya sudah paham tidak akan mendapatkan penghasilan bulanan seperti saat masih bekerja. Yang pasti, Anda sudah mempertimbangkannya dengan matang.

Apapun alasan resign dari pekerjaan, Anda masih bisa mendapatkan penghasilan setelah berhenti menjadi karyawan. Anda bisa memulai dengan mencari tahu bakat dan keterampilan khusus yang dimiliki. Kemudian memanfaatkannya untuk mendapatkan penghasilan dari bakat atau keterampilan tersebut.

Baca juga: Karir Atau Passion? Anda Pilih Mana?

Berikut 5 tips mendapatkan sumber penghasilan baru setelah resign.

1. Memulai bisnis

Cukup banyak karyawan yang memutuskan resign dari perusahaan memilih untuk memulai bisnis untuk mendapatkan penghasilan baru. Walaupun bisa dikatakan, membuka bisnis termasuk gampang-gampang susah.

Namun, Anda jangan takut untuk memulainya. Manfaatkan tabungan yang dimiliki sebagai modal awal, dan hindari utang bank untuk mendapatkan modal. Jika memungkinkan, cari pinjaman modal dari saudara atau teman dengan sistem investasi.

Jika memiliki rumah dengan lokasi yang strategis, Anda juga bisa memulai bisnis franchise, misal laundry atau makanan. Pilihlah bisnis waralaba yang sudah dikenal oleh masyarakat dan memiliki reputasi yang baik. Untuk mendapatkan penghasilan yang cukup memenuhi kebutuhan, Anda harus-benar-benar tekun dalam menjalankan bisnis dan memiliki passion kuat.

2. Menjadi freelancer

Jika memiliki bakat atau keterampilan tertentu, Anda bisa memanfaatkan dengan menawarkan jasa kepada mereka yang membutuhkan. Saat ini, banyak yang membutuhkan jasa freelancer, seperti penulis lepas, penerjemah, atau virtual assistant.

Anda juga bisa menjadi guru les atau tutor. Dengan menjadi freelancer, Anda bisa mengatur waktu sendiri dengan bebas. Meskipun begitu, Anda harus giat mencari peluang proyek yang sesuai dengan keahlian. Juga, disiplin dalam mengatur waktu agar bisa mendapatkan penghasilan yang cukup.

3. Manfaatkan hobi

Rasanya, hampir semua orang dipastikan memiliki hobi yang spesial. Nah, Anda juga bisa memanfaatkan hobi yang dimiliki untuk mendapatkan penghasilan baru setelah resign. Tidak sedikit bisnis yang sukses bermula dari hobi pemiliknya.

Punya hobi membuat kue atau kerajinan tangan? Anda bisa menjual kue dan hasil karaya sendiri, lalu menawarkan kepada teman dan saudara melalui media sosial. Selain itu,  manfaatkan juga e-commerce untuk menjual produk Anda.

4. Menjadi dropshipper  

Nah, ini dia tips mendapatkan sumber penghasilan baru setelah resign yang bisa Anda lakukan. Tanpa perlu modal banyak (bahkan kadang tanpa modal), pilihan ini bisa dijalankan untuk pengusaha pemula. Caranya pun cukup mudah untuk menjadi dropshipper, seperti dropshipper produk fashion atau makanan.

Baca juga: Bisnis Properti Modal Dengkul? Why Not? Begini Caranya!

Anda hanya perlu mencari supplier yang membutuhkan reseller untuk memasarkan produknya. Selebihnya, Anda bisa melakukan promosi dan penjualan dengan menawarkan produk tersebut dari kerabat terdekat Anda. Manfaatkan juga media sosial dan e-commerce untuk menjangkau pasar yang lebih luas.

5. Menjadi blogger atau vlogger

Punya blog atau media sosial seperti Youtube dengan follower ribuan? Anda bisa memanfaatkan konten berupa tulisan atau video melalui blog atau channel Youtube. Penghasilan blogger dan vlogger bisa sangat menjanjikan jika konten yang dibagikan banyak disukai orang.

Tentu, persaingan juga sangat ketat karena banyak sekali blogger dan vlogger yang telah sukses lama. Selama bisa menghasilkan konten yang menarik, bermanfaat, dan juga berkualitas, Anda bisa mendapatkan penghasilan yang cukup. Bahkan, Anda juga bisa memiliki kesempatan diajak bekerja bersama brand ternama.

Itu tadi 5 tips mendapatkan sumber penghasilan baru setelah resign yang bisa Anda lakukan saat memutuskan untuk berhenti sebagai karyawan. Anda bisa memanfaatkan bakat dan keahlian yang dimiliki. Bahkan, hanya dengan bermodal laptop, internet, dan hp, Anda bisa bekerja di mana saja dan mendapatkan penghasilan. Jadi, Anda tidak perlu khawatir lagi! (ds3)

Bagikan ke sosial media:

Recommended For You

desi3

About the Author: desi3

Seorang 'bibiliophile' yang jatuh cinta dengan Himalaya dan fans berat warna biru.~ travel to fulfill your soul ~

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

close